Langsung ke konten utama

Resep Bubur Singkong

Pagi-pagi pas bangun tidur dikagetkan dengan parutan singkong yang ada di meja. Ternyata Mbah Buyut yang marut. Katanya terserah mau dibuat apa, mau Misro, Utri, atau apalah gitu.

Aku mikir, kalau dibikin Misro, gorengan lagi, gorengan lagi. Dibikin Utri, rempong banget harus bungkusin satu-satu pakai daun pisang. Belum lagi nyari daun pisangnya di kebon.

Baca juga: Resep Ayam Woku Kemangi Sederhana

Dan Rhe juga lagi tumbuh gigi, bingung banget tuh mau dibikin apa. Akhirnya memutuskan untuk ambil HP, buka aplikasi Cookpad terus masukin di kolom pencarian kata singkong. Lalu muncullah berbagai resep olahan singkong. Ada Kolak, Misro, Talam Singkong, Singkong Thailand, dan pas scrolling ke bawah ada resep bubur singkong. Hem… Kayaknya enak nih. Pas banget juga kan Rhe lagi tumbuh gigi. Jadinya aku memutuskan untuk recook resep Bubur Singkong oleh Mba Nining dari Cookpad.

Berikut ya resep lengkapnya, ini sudah aku modifikasi sesuai dengan kebutuhanku. Untuk resep aslinya, bisa dilihat di sini.

Bahan Bubur:

  • Singkong 1 biji ukuran besar, beratnya kira-kira 1/2kg
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula jawa 5 butir ukuran sedang, atau bisa dikurangi jika tak terlalu suka manis
  • Garam sepucuk sendok makan
  • Air 500ml

Bahan Kuah:

  • Santan Kara 1 biji
  • Daun pandan 1 lembar
  • Vanili seujung sendok teh
  • Garam seujung sendok teh
  • Air 300ml

Cara Membuat Bubur Singkong:

  1. Masukkan air, gula, garam, dan daun pandan. Masak hingga gula larut, lalu saring.
  2. Masukkan hasil saring air gula tadi ke dalam panci, lalu masukkan parutan singkong.
  3. Masak dengan api kecil dan sering aduk agar tidak gosong.
  4. Masak hingga meletup-letup dan warna singkongnya tidak ada yang putih-putih lagi.
  5. Setelah bubur matang, saatnya membuat kuah. Masukkan air, santan kara, daun pandan, vanili, dan garam ke dalam panci. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, kecilkan api, dan terus aduk selama kurang lebih 5 menit agar kuah tidak cepat basi.
  6. Setelah semua matang, ambil bubur ke dalam mangkuk atau piring, lalu siram atasnya dengan kuah santan. Dimakan selagi hangat enak banget.

Resep untuk 3-4 porsi.

Alhamdulilah, anakku yang sedang tumbuh gigi lahap banget. Dia lagi malas makan nasi, jadi singkong bisa menggantikan kebutuhan karbohidratnya.

Baca juga: Resep Bumbu Pecel Wonogiri

Bubur singkong ini juga bisa jadi BB Booster buat Rhe, ada santan gurih yang dia suka. Manisnya dan kenyalnya tekstur singkong juga bikin nagih buat dia, dan buat aku juga. Haha

Dia teksturnya nggak lembek, tapi agak kenyal gitu. Enak jadinya, nagih.

Selamat memasak!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengatasi Infeksi Jamur Mulut (Oral Trush) Pada Bayi 1 Tahun

Sebelum mulai, aku mau kasih tau dulu kalau tulisan ini panjang dan melelahkan. Karena emang sebandel itu oral thrush di mulut Rhe nggak mau hilang. Jadi sabar dan ikuti petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush! Apa itu jamur mulut atau oral thrush atau biasa disebut juga candidiasis ? Jadi, di dalam mulut dan saluran pencernaan kita itu ada jamur yang bernama Candida Albicans, nah, jika pertumbuhan jamur itu terlalu banyak. Bisa menyebabkan infeksi. Biasanya menyerang bayi karena daya tahan tubuh bayi masih rentan. Kisah petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush ! Awalnya di bibir bawah bagian dalam mulut Rhe cuma ada satu titik putih. Aku kira cuma sariawan biasa. Setelah 3 hari titik putih itu agak melebar jadi kayak sariawan pada umumnya. Tapi cuma satu. Belum menyebar ke area lain. Nah, curhatlah aku sama kakakku. Dia bilang anaknya kalau sariawan dikasih Nystatin, cepet sembuhnya. Kebetulan kakakku juga punya anak yang seumuran sama Rhe. Sebenernya Rhe juga santai aja sih, makan m

Pengalaman Mematikan Saraf Gigi (Perawatan Saluran Akar Gigi)

Wagelaseh! Sakit… Sakit… Sakit…. Sebagian wajah kebas… Gemetar… Kuping nyeri… Mata nyeri… Kepala nyeri… Dan berlangsung dalam beberapa jam! Jadi tadi pagi, aku bela-belain nitip Rhe ke Mba Win, tetanggaku (makasih banget buat bantuannya ya Mba 🤗), demi ke dokter gigi buat lanjutin perawatan akar gigiku. Dan di pertemuan tadi, akan dilakukan mematikan saraf gigi biar nggak sakit lagi saat nanti di tambal permanen. Dokternya bilang, “siap-siap ya, nanti bakalan sakit.” Aku ngangguk aja sambil mengepalkan tangan, soalnya kalau kena bornya itu… Aduhay! Sakitnya bikin aku berjengit dan pasti triak ‘ah’. Baca juga: Pengalaman Kuret (Kuretase) Jadi apakah itu perawatan saluran akar gigi? Yaitu ketika gigi berlubang dan udah kena saraf, ini nggak bisa asal tambal permanen. Jadi perawatan saluran akar adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan di dalam gigi. Harus diatasi dulu masalahnya sampai bersih. Karena ditakutkan kalau masalah nggak diberesin dulu, nanti malah bisa bikin i

Review Sunscreen Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Assalamu’alaikum. Apa kabar teman-teman? Kali ini aku mau mereview sunscreen dari brand lokal yang harganya sangat affordable banget yaitu Sunscreen Emina SunBattle SPF 30 PA+++. Awalnya aku beli sunscreen ini cuma iseng karena promo di indomaret, jadi harganya makin bikin mupeng. Apalagi brand emina ini terkenal bagus dan banyak yang cocok terutama untuk kulit sensitif seperti kulitku, jadinya aku makin penasaran ingin mencoba. Kebetulan aku juga lagi cari sunscreen yang harganya terjangkau, soalnya sunscreen itu adalah skincare yang paling boros, karena penggunaannya memang disarankan 2 ruas jari, dan dianjurkan reapply juga setiap beberapa jam sekali, ini tergantung SPF pada sunscreen yang kita pakai. Biasanya sih, kalau aku selalu reapply setelah sholat jadi wajah dalam kondisi bersih setelah wudhu. Manfaat sunscreen emina Fungsi utama sunscreen yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu UV A dan UV B, yang memiliki efek negatif pada kulit. Nah, SPF ini adalah