Langsung ke konten utama

[Book Review] Tentang Kamu Karya Tere Liye

Assalamualaikum.

Akhirnya di tahun 2021 ini, untuk pertama kalinya aku membaca buku fisik. Setelah punya bayi, di tahun 2019 – 2020 aku selalu baca ebook. Dikarenakan anakku yang masih bayi, jadi ngeri aja gitu, kalau bukunya direbut terus disobek. Waduh, bisa nangis bombay emaknya. Haha

Nah, karena sekarang usia Rhe sudah 21 bulan. Dia sudah paham kalau dikasih tahu. Nurut kalau dibilangin. Jadi aku memberanikan diri untuk membaca buku fisik. Dan kesempatan kali ini, aku baca novel Tentang Kamu yang ditulis oleh Tere Liye. Sebenarnya aku sudah lama banget punya novel ini. Sekitar penghujung tahun 2018, beli dengan harga 12 ribu di Gramedia waktu harbolnas. Hihi… Lumayan banget ‘kan!

Jujur, sebenarnya aku bukan penggemar Tere Liye. Aku pernah sih dulu suka banget dengan serial Bumi. Novel fantasi yang Tere Liye tulis. Aku terpesona, tapi berhenti baca di buku ke-4. Aku kurang suka dengan gaya bahasanya yang terlalu bertele-tele. Padahal kalau dari segi cerita dan alur, novelnya beneran keren banget! Ini juga salah satu alasan, novel Tentang Kamu nggak kunjung aku baca.

Tapi ternyata, novel ini melebihi ekspektasiku. Keren parah! Pokoknya bagus banget! Dan kamu yang suka cerita detektif harus baca. Detektif? Bukan cerita romantis ya? Haha … Jangan ketipu judul novelnya kayak aku ya. Ada sih romancenya, tapi bukan itu inti dan sebagian besar ceritanya. Kisah cinta terkesan hanya sebagai bumbu pelengkap aja, yang bikin ceritanya makin oke. Baiklah, kita masuk ke sinopsis dulu aja ya.

Sinopsis Novel Tentang Kamu Tere Liye

Di Belgrave Squre, London. Terdapat sebuah Firma Hukum yang bernama Thompson & Co. Firma tersebut didirikan oleh Thomson Senior, seorang pahlawan perang di Angkatan Laut kerajaan Inggris pada Perang Dunia I. Mayor Thompson memperoleh medali tertinggi dari Ratu Inggris langsung. Setelah Perang Dunia I, dia kembali ke London, pensiun dari AL, dan melanjutkan karirnya sebagai pengacara.

Akibat Perang Dunia I, banyak ahli waris yang hilang. Karena meninggal atau hilang tanpa berita selama perang. Dan Thompson Senior adalah orang pertama yang menyadari situasi berbahaya dari banyaknya harta warisan yang tidak dapat diwariskan. Orang-orang memperebutkannya, memicu pertikaian, bahkan dalam kasus serius, peperangan skala kecil. Belum lagi properti yang terbengkalai, kekayaan yang tidak bergerak, bisnis yang mengalami kemunduran, yang dapat mempengaruhi perekonomian Inggris.

Jadi Thompson & Co adalah firma hukum spesialis elder law. Perlindungan hukum bagi orang-orang tua beserta hartanya. Dan Zaman Zulkarnaen adalah seorang associate di firma hukum tersebut.

Setelah satu tahun magang dan satu tahun menjadi associate, Zaman diberikan tugas yang sangat menantang, yaitu penelusuran ahli waris seorang wanita tua yang telah meninggal bernama Sri Ningsih.

Sri Ningsih meninggalkan harta warisan senilai 19 triliun rupiah tanpa ahli waris. Jika Zaman tidak segera menemukan ahli waris yang berhak maka semua hartanya akan disita oleh Kerajaan Inggris. Hanya berbekal selembar surat yang dikirimkan seseorang ke Thompson & Co. Selain itu tidak ada informasi lagi mengenai Sri Ningsih. Kasus ini cukup rumit dan penuh misteri. Karena itu Zaman di iming-imingi posisi pengacara senior apabila mampu menyelesaikan kasus ini.

Sri Ningsih meninggal di sebuah panti jompo pada usia 70 tahun. Wanita ini sangat misterius, memiliki kekayaan yang begitu banyak, tapi memilih menghabiskan hari tuanya dengan hidup sederhana di sebuah panti jompo.

Pencarian Zaman pertama kali dari panti jompo tempat Sri Ningsih tinggal yaitu di Paris, Prancis. Lalu menelusuri jejaknya hingga ke Indonesia.

Teka-Teki Kehidupan Sri Ningsih

Hasil penelusuran di Perancis, Zaman menemukan buku harian Sri Ningsih. Dalam buku harian tersebut tertulis kehidupan Sri Ningsih dalam beberapa bagian. Dalam setiap bagian penulisannya, Sri Ningsih tidak menggunakan bahasa yang gamblang. Ia memakai bahasa yang tersirat dan penuh teka-teki. Seperti contoh bagian pertama isi buku tersebut:

Juz Pertama. Tentang Kesabaran. 1946-1960Terima kasih banyak atas pelajaran tentang kesabaran. Bapak, aku akhirnya memahaminya. Apakah sabar memiliki batasan? Aku tahu jawabannya sekarang. Ketika kebencian, dendam kesumat sebesar apa pun akan luruh oleh rasa sabar. Gunung-gunung akan rata, lautan akan kering, tidak akan ada yang mampu mengalahkan rasa sabar. Selemah apa pun fisik seseorang, semiskin apa pun dia, sekali hatinya punya rasa sabar, dunia tidak bisa menyakitinya. Tidak bisa. Terima kasih banyak untuk tempat yang telah mengajarkan pelajaran ini.

Pada episode awal kehidupannya, Sri Ningsih menggambarkan tempat tinggalnya dengan kalimat:

Di sini, di tempat di mana rumah-rumah saling bersinggungan atap, tiada tanah, rumput, apalagi pepohonan yang terlihat oleh elang yang terbang tinggi. Di sini di mana rumah-rumah yang tumbuh dari atas permukaan laut, perahu tertambat di tiang-tiang, dan kambing-kambing mengunyah kertas. Terima kasih.

Zaman pusing dibuatnya. Indonesia sangat luas, pulaunya pun ribuan. Di mana tempat di Indonesia yang memiliki ciri-ciri tersebut?

Pokoknya dari awal buku sampai akhir, pembaca jadi ikut mikir tentang teka-teki yang tersebar dalam setiap bagian isi buku. Rasa penasaran membuatku ingin segera menuntaskan dengan terus membaca dan menggali hingga halaman terakhir.

Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Mengambil Setting Tahun 1940 – 2016

Novel ini bersetting waktu antara 1940an hingga 2016. Dalam rentang waktu tersebut banyak sekali kejadian luar biasa dunia, atau sejarah dan peristiwa penting yang dimasukkan ke dalam novel. Jadi ini bergizi banget, pembaca bisa sekalian belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Sebagai contoh sejarah yang dimasukkan ke dalam novel adalah Perang Dunia I, yang melatarbelakangi terbentuknya firma hukum Thompson & Co. Lalu pada tahun 1965, saat Partai Komunis Indonesia (PKI) menyerang, menjadi latarbelakang dalam penghianatan dan kejadian yang cukup penting dalam cerita. Diceritakan juga sejarah Jakarta sebelum ramai seperti sekarang, berbagai makanan tradisionalnya, budayanya, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa kota yang Sri Ningsih tinggali, hingga ia memutuskan pergi ke Benua Eropa. Dalam pencarian tersebut banyak sekali kisah yang sangat menguras emosi. Sungguh kehidupan seorang Sri Ningsih memang bukanlah kehidupan yang mudah. Penuh tantangan, kesabaran, perjuangan, keuletan, hingga keberanian.Jadi, novel Tentang Kamu karya Tere Liye ini bukan kisah cinta? Bukan cerita romance? Bukan kisah menye-menye?

BUKAN!

Sebaliknya, novel Tentang Kamu karya Tere Liye ini penuh akan pelajaran kehidupan. Ini adalah novel tentang hidup. Bagaimana seorang Sri Ningsih menghadapi kerasnya kehidupan. Bagaimana ia mampu memiliki kekayaan setara dengan 19 triliun rupiah. Bukan kebetulan apalagi keberuntungan. Tapi karena kerja keras tanpa lelahnya yang akhirnya memiliki kekayaan sebanyak itu.

Kekurangan dan Kelebihan Novel Tere Liye, Tentang Kamu

Kelebihannya banyak sekali, alurnya matang, risetnya gokil, endingnya klimaks!

Plotnya juga bagiku keren banget. Penulis benar-benar niat membuat outline, menyusun setiap bagiannya. Mengeksekusi dengan plot twist yang sempurna, yang bikin pembaca tercengang, nggak tertebak, nggak nyangka, dan penasaran di saat yang bersamaan.

Dalam setiap akhir BAB-nya. Tere Liye juga selalu membuat teka-teki, sebuah kalimat yang menimbulkan pertanyaan di pikiran pembaca, hingga ingin terus membaca hingga akhir. Nah, ini juga jadi salah satu candu buatku. Nggak bisa berhenti baca sebelum sampai di halaman terakhir.

Alhamdulilah banget, Rhe pengertian sama ibunya. Dia nggak pernah merebut, ataupun berniat untuk menyobek novelku. Nggak sia-sia aku mengenalkan buku ke Rhe sejak kecil. Dia jadi menghargai buku seperti ibunya. Hihi … Terimakasih sudah cooperative ya dek. Ibu jadi bisa ngebut baca novel ini. I love you!

Kalau untuk kekurangannya sih, aku kurang suka ketika pesawat jet pribadi milik firma hukum Thompson & Co itu beberapa kali disebut ulang. Itu aja.

Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye
Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye

Sampul depannya juga aku suka. Walaupun judulnya terkesan romantis. Tapi sampulnya enggak, bergambar sepasang sepatu usang. Buatku itu cukup untuk merepresentasikan sosok Sri Ningsih. Sosok yang sederhana, pekerja keras, dan pantang menyerah.Rating yang aku berikan untuk buku ini yaitu:

  • Gaya bahasa: 4/5
  • Alur cerita: 4,5/5
  • Desain sampul: 4/5

Jadi, aku sangat merekomendasikan buku ini buat kamu baca. Walaupun kamu bukan penggemar Tere Liye, buku ini worth to read banget kok!

Baiklah, sekian dulu ya untuk ulasan kali ini. Terima kasih sudah membaca hingga akhir. Semoga tulisanku ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk membaca.

Happy reading!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengatasi Infeksi Jamur Mulut (Oral Trush) Pada Bayi 1 Tahun

Sebelum mulai, aku mau kasih tau dulu kalau tulisan ini panjang dan melelahkan. Karena emang sebandel itu oral thrush di mulut Rhe nggak mau hilang. Jadi sabar dan ikuti petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush! Apa itu jamur mulut atau oral thrush atau biasa disebut juga candidiasis ? Jadi, di dalam mulut dan saluran pencernaan kita itu ada jamur yang bernama Candida Albicans, nah, jika pertumbuhan jamur itu terlalu banyak. Bisa menyebabkan infeksi. Biasanya menyerang bayi karena daya tahan tubuh bayi masih rentan. Kisah petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush ! Awalnya di bibir bawah bagian dalam mulut Rhe cuma ada satu titik putih. Aku kira cuma sariawan biasa. Setelah 3 hari titik putih itu agak melebar jadi kayak sariawan pada umumnya. Tapi cuma satu. Belum menyebar ke area lain. Nah, curhatlah aku sama kakakku. Dia bilang anaknya kalau sariawan dikasih Nystatin, cepet sembuhnya. Kebetulan kakakku juga punya anak yang seumuran sama Rhe. Sebenernya Rhe juga santai aja sih, makan m

Pengalaman Mematikan Saraf Gigi (Perawatan Saluran Akar Gigi)

Wagelaseh! Sakit… Sakit… Sakit…. Sebagian wajah kebas… Gemetar… Kuping nyeri… Mata nyeri… Kepala nyeri… Dan berlangsung dalam beberapa jam! Jadi tadi pagi, aku bela-belain nitip Rhe ke Mba Win, tetanggaku (makasih banget buat bantuannya ya Mba 🤗), demi ke dokter gigi buat lanjutin perawatan akar gigiku. Dan di pertemuan tadi, akan dilakukan mematikan saraf gigi biar nggak sakit lagi saat nanti di tambal permanen. Dokternya bilang, “siap-siap ya, nanti bakalan sakit.” Aku ngangguk aja sambil mengepalkan tangan, soalnya kalau kena bornya itu… Aduhay! Sakitnya bikin aku berjengit dan pasti triak ‘ah’. Baca juga: Pengalaman Kuret (Kuretase) Jadi apakah itu perawatan saluran akar gigi? Yaitu ketika gigi berlubang dan udah kena saraf, ini nggak bisa asal tambal permanen. Jadi perawatan saluran akar adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan di dalam gigi. Harus diatasi dulu masalahnya sampai bersih. Karena ditakutkan kalau masalah nggak diberesin dulu, nanti malah bisa bikin i

Review Sunscreen Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Assalamu’alaikum. Apa kabar teman-teman? Kali ini aku mau mereview sunscreen dari brand lokal yang harganya sangat affordable banget yaitu Sunscreen Emina SunBattle SPF 30 PA+++. Awalnya aku beli sunscreen ini cuma iseng karena promo di indomaret, jadi harganya makin bikin mupeng. Apalagi brand emina ini terkenal bagus dan banyak yang cocok terutama untuk kulit sensitif seperti kulitku, jadinya aku makin penasaran ingin mencoba. Kebetulan aku juga lagi cari sunscreen yang harganya terjangkau, soalnya sunscreen itu adalah skincare yang paling boros, karena penggunaannya memang disarankan 2 ruas jari, dan dianjurkan reapply juga setiap beberapa jam sekali, ini tergantung SPF pada sunscreen yang kita pakai. Biasanya sih, kalau aku selalu reapply setelah sholat jadi wajah dalam kondisi bersih setelah wudhu. Manfaat sunscreen emina Fungsi utama sunscreen yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu UV A dan UV B, yang memiliki efek negatif pada kulit. Nah, SPF ini adalah