Langsung ke konten utama

Cara Me Time untuk Ibu Cukup Di Rumah Saja

Hai Bunda, apa kabar?

Kegiatan kita sebagai ibu rumah tangga kok rasanya tiada akhir ya, apalagi jika si kecil masih batita. Belum sekolah, masih suka cari perhatian ibunya.

Walau sudah bangun subuh sampai sore, ada saja hal yang harus dikerjakan. Lelah? Sudah pasti. Lelah fisik mudah sembuh dengan istirahat. Tapi jika lelah secara mental?

Inilah bedanya bekerja untuk mencari uang dengan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Bekerja di kantor walau dengan pekerjaan bejibun tapi masih asyik karena bisa haha hihi sama teman kantor, saling curhat hingga beban kerja rasanya berkurang. Berbeda jika menjadi ibu, anak rewel, pekerjaan rumah menumpuk, ditambah nggak bisa keluar rumah pula.

Ibu rumah tangga nggak pernah digaji, tapi pekerjaannya tiada akhir, capek hati, capek badan, hingga berdampak pada emosi yang nggak stabil yang terkadang membuat anak menjadi pelampiasan hingga kita tanpa sadar menorehkan luka batin pada anak, atau zaman now sering disebut dengan inner child. Luka pengasuhan yang akan sangat mempengaruhi karakter juga emosi anak di masa depan. Duh ngeri ya.

Apalagi jika suami juga minim kontribusi dalam urusan rumah tangga, aduh makin ruwet ya bun!

Makanya untuk menjaga kewarasan, kita butuh kegiatan untuk menyenangkan diri sendiri atau istilah kerennya me time.

Me time artinya kita meluangkan waktu untuk melakukan self love yang akan merecharge diri hingga tangki cinta kita terpenuhi kemudian emosi kita kembali stabil.

Sesungguhnya, kunci dalam mendidik anak yang baik adalah ketika suasana hati ibu juga baik.

Memang susah ya bun, mau me time. Gimana enggak susah, mau sekadar pipis yang nggak sampai satu menit aja suka ditangisin. Apalagi me time? Haha.., seperti hal yang mustahil!

Tenang, berikut adalah cara yang aku pakai agar bisa menikmati me time dengan tenang dan lebih leluasa.

Atur jadwal harian dan buat skala prioritas

Setiap hari menjelang malam, aku membuat jadwal harian dan membuat skala prioritas. Kemudian esok harinya kerjakan yang paling prioritas dulu.

Seperti contohnya pagi-pagi setelah sholat subuh masak dulu, dilanjutkan dengan beberes rumah.

Jadwal harian ini juga berlaku untuk anak ya bun, usahakan untuk anak memiliki jadwal yang teratur. Selain untuk membangun kedisplinannya, ini juga akan memudahkan dalam manajemen waktu bunda.

Jauhkan gadget ketika sedang bekerja

Bekerja di sini adalah mengerjakan pekerjaan domestik tadi ya bun. Jangan dikira ibu rumah tangga itu pengangguran. Kerjaan kita banyak say!

Selama bekerja sebisa mungkin aku menjauhkan gadget agar lebih fokus dan pekerjaan lebih cepat selesai.

Ajak anak ikut andil

Kalau anak bangunnya subuh juga nggak apa bun ajak anak ikut andil dalam setiap pekerjaan rumah yang kita kerjakan. Dengan begitu anak juga akan belajar dan melihat bagaimana ibunya bekerja.

Biasanya Rhe suka minta sapu atau kain pel yang sedang aku pakai, dan aku kasih. Itung-itung aku juga sambil istirahat sebentar. Setelah dia capek dan bosan sendiri pasti sapu atau kan pelnya akan dibalikin ke aku lagi.

Ketika masak dan ngajak Rhe, dia juga suka ngeberantakin sayuran dan alat masak yang ada di dapur. Itu juga aku biarkan, selagi apa yang dilakukan dan alat yang dipakai nggak berbahaya. Dengan begitu dia anteng sekali lho, kadang juga malah sambil cerita dia pura-puranya masak apa.

Setelah selesai masak semua hal yang kotor dan yang dimainkan Rhe tadi aku taruh semua di cucian piring. Waktu cuci piring pun bisa menyangkan lho bun, coba deh kasih si kecil mangkuk atau piring yang berbahan plastik atau melamin kemudan bilang, “ini bagian adek ya.”

Merasa dipercaya dan diberikan tanggung jawab akan membuat anak juga senang.

Minta bantuan suami

Buat bunda yang dekat dengan suami bisa banget hal ini diobrolin banget biar sama-sama enak. Misalkan saat ibu masak minta suami untuk jaga anak, atau saat suami beberes ibu yang momong si kecil.

Kebetulan suamiku jauh bun, jadi aku hanya minta bantuan suami ketika beliau pulang aja. Dan alhamdulillah banget, suamiku tipe orang yang suka membantu pekerjaan rumah tangga, bahkan ia suka sekali masak.

Jadi ketika pak suami di rumah bebanku berkurang banyak dan tentu saja aku lebih bahagia, hehe

Manfaatkan waktu semaksimal mungkin ketika anak tidur

Nggak melulu mengerjakan pekerjaan domestik saat anak tidur, boleh kok bun sesekali ibu melakukan hal yang menyenangkan ketika anak tidur. Nggak bisa dipungkiri, pekerjaan rumah tangga itu tiada akhir. Ada saja yang harus dikerjakan.

Awal-awal aku juga kaget, terbiasa bekerja dan hidup sendiri. Tiba-tiba menjadi ibu dengan segala urusan domestiknya.

Biasanya ketika Rhe tidur aku gunakan waktu luangku untuk hal menyenagkan seperti menulis blog, membaca buku, menonton film, luluran, atau bermain game.

Aku bukan maniak game, tapi ketika lagi butuh pengalihan aku suka main game yang malah agak mikir. Soalnya ketika bisa menyelesaikan misi rasanya ada kepuasan tersendiri dan beban ikut pudar.

Apalagi jika waktu me time hanya sebentar, nggak seperti membaca buku atau menonton film yang membutuhkan waktu hingga 2 jam. Bermian game hanya butuh waktu 5 menit hingga 30 menit. Cocok banget untuk bunda yang juga memiliki waktu me time terbatas seperti aku.

Rekomendasi game online untuk me time di rumah

Aku adalah generasi 90an, jadi kurang paham sama game jaman sekarang yang lebih modern dan buatku juga ribet. Alah, bilang aja nggak bisa mainnya, hehe

Jadi untuk menghabiskan waktu me time singkat, aku suka main game klasik jaman dulu dan yang sederhana aja. Nggak usah dibikin rumit karena hidup kita sudah rumit. Lagian tujuan bermain game ini adalah untuk kita menjadi bahagia bukan untuk kita menjadi mumet.

Oke, langsung aja ya, berikut adalah rekomendasi game online klasik ala aku di Solitaire.org. Game online berbasis browser yang ringan dan mudah dimainkan.

Classic Solitaire Card Video Game


Game online

Inget nggak bun komputer jaman dulu, pasti ada game ini kan di dalamnya? haha

Solitaire ini adalah salah satu game yang aku suka, dan cara memainkannya juga cukup simpel, yaitu dengan mengurutkan angka kartu tapi dengan warna yang berbeda. Agak mikir sih memang, tapi dikit.

Setelah menyelesaikan misi di game ini juga rasanya cukup puas. Cuma butuh waktu 5 menit aja lagi dimainkannya. Dan kalau stuck, klik New aja nanti bakal balik ke game baru.

Zuma Ball

game online Zuma Ball

Ini mah gampang banget ya bun, tinggal tembak bola sesuai dengan warnanya agar rantai bola nggak sampai masuk ke lubang akhir. Soalnya kalau udah masuk ke lubang tandanya game over.

Semakin bertambah level jadi semakin seru dan tegang karena kecepatan bola akan bertambah, dan tentu rintangan juga kian sulit. Lumayan lah untuk mengendorkan otot-otot yang tegang.

Candy House

main game online
Kalau Candy House ini yang paling aku suka itu musik dan efeknya. Dengan mencocokkan minimal 3 permen sejenis kamu akan mendapatkan poin. Sedangkan jika lebih dari tiga biasanya akan ada reward beruba permen ajaib yang bisa memecah batu lain ke samping kanan atau kiri, ke atas, atau memecahkan permen dengan warna tertentu.

Semakin bertambah level tentu tantangannya juga semakin sulit. Meski berpindahan permennya nggak dibatasi, tapi permainan ini dibatasi oleh waktu.

Jika kamu ingin bermain game lain, langsung aja mampir ke di Solitaire.org. Di sana banyak sekali pilihan gamenya. Kalau kamu suka dengan game yang sederhana dan klasik pasti bakal nemuin surga game klasik di sana.

Bagimana? Gampang-gampang susah ya mengatur waktu me time? Yang penting adalah diri bunda. Sempatkan waktu, walau sejenak, untuk menyenangkan diri sendiri. Kerena kamu juga berharga, seperti anak-anakmu, seperti suamimu.

Semoga tulisan ini bisa membantu kamu menikmati waktu kamu yang berharga dengan me time yang berkualitas.

 

Salam,
Ning!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Mengatasi Infeksi Jamur Mulut (Oral Trush) Pada Bayi 1 Tahun

Sebelum mulai, aku mau kasih tau dulu kalau tulisan ini panjang dan melelahkan. Karena emang sebandel itu oral thrush di mulut Rhe nggak mau hilang. Jadi sabar dan ikuti petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush! Apa itu jamur mulut atau oral thrush atau biasa disebut juga candidiasis ? Jadi, di dalam mulut dan saluran pencernaan kita itu ada jamur yang bernama Candida Albicans, nah, jika pertumbuhan jamur itu terlalu banyak. Bisa menyebabkan infeksi. Biasanya menyerang bayi karena daya tahan tubuh bayi masih rentan. Kisah petualangan Ibu & Rhe VS Oral Thrush ! Awalnya di bibir bawah bagian dalam mulut Rhe cuma ada satu titik putih. Aku kira cuma sariawan biasa. Setelah 3 hari titik putih itu agak melebar jadi kayak sariawan pada umumnya. Tapi cuma satu. Belum menyebar ke area lain. Nah, curhatlah aku sama kakakku. Dia bilang anaknya kalau sariawan dikasih Nystatin, cepet sembuhnya. Kebetulan kakakku juga punya anak yang seumuran sama Rhe. Sebenernya Rhe juga santai aja sih, makan m

Pengalaman Mematikan Saraf Gigi (Perawatan Saluran Akar Gigi)

Wagelaseh! Sakit… Sakit… Sakit…. Sebagian wajah kebas… Gemetar… Kuping nyeri… Mata nyeri… Kepala nyeri… Dan berlangsung dalam beberapa jam! Jadi tadi pagi, aku bela-belain nitip Rhe ke Mba Win, tetanggaku (makasih banget buat bantuannya ya Mba 🤗), demi ke dokter gigi buat lanjutin perawatan akar gigiku. Dan di pertemuan tadi, akan dilakukan mematikan saraf gigi biar nggak sakit lagi saat nanti di tambal permanen. Dokternya bilang, “siap-siap ya, nanti bakalan sakit.” Aku ngangguk aja sambil mengepalkan tangan, soalnya kalau kena bornya itu… Aduhay! Sakitnya bikin aku berjengit dan pasti triak ‘ah’. Baca juga: Pengalaman Kuret (Kuretase) Jadi apakah itu perawatan saluran akar gigi? Yaitu ketika gigi berlubang dan udah kena saraf, ini nggak bisa asal tambal permanen. Jadi perawatan saluran akar adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan di dalam gigi. Harus diatasi dulu masalahnya sampai bersih. Karena ditakutkan kalau masalah nggak diberesin dulu, nanti malah bisa bikin i

Review Sunscreen Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Assalamu’alaikum. Apa kabar teman-teman? Kali ini aku mau mereview sunscreen dari brand lokal yang harganya sangat affordable banget yaitu Sunscreen Emina SunBattle SPF 30 PA+++. Awalnya aku beli sunscreen ini cuma iseng karena promo di indomaret, jadi harganya makin bikin mupeng. Apalagi brand emina ini terkenal bagus dan banyak yang cocok terutama untuk kulit sensitif seperti kulitku, jadinya aku makin penasaran ingin mencoba. Kebetulan aku juga lagi cari sunscreen yang harganya terjangkau, soalnya sunscreen itu adalah skincare yang paling boros, karena penggunaannya memang disarankan 2 ruas jari, dan dianjurkan reapply juga setiap beberapa jam sekali, ini tergantung SPF pada sunscreen yang kita pakai. Biasanya sih, kalau aku selalu reapply setelah sholat jadi wajah dalam kondisi bersih setelah wudhu. Manfaat sunscreen emina Fungsi utama sunscreen yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu UV A dan UV B, yang memiliki efek negatif pada kulit. Nah, SPF ini adalah