Ngabuburit Bermanfaat, Belajar Bahasa Arab Aja Yuk!

Kalau ngabuburit kalian ngapain aja nih?

Kalau aku biasanya nyiapin lauk dan takjil buat berbuka keluarga. Tapi dulu ketika belum menikah, biasanya ngabuburitku ya sekedar menghabiskan waktu agar ketika berpuasa berjalan cepat dan tanpa terasa memasuki waktu berbuka, yang kalau aku pikir-pikir sekarang kurang ada manfaatnya, terutama untuk diriku sendiri. Apalagi waktu yang telah berlalu nggak akan bisa kembali lagi.

Jadi sekarang ini, aku lebih wise dalam menggunakan waktu luangku untuk hal yang lebih bermanfaat. Apalagi untuk anak-anak kita, dari pengalaman yang telah lalu, tentu kita ingin segala sesuatunya berfaedah untuk mereka, jadi ngabuburit senang-senang itu boleh, tapi akan lebih baik jika nggak dilakukan terlalu sering, agar bulan suci ramadhan ini semakin berkah. Nah, salah satu kegiatan bermanfaat di bulan ramadhan adalah mengaji atau bisa juga belajar Bahasa Arab.

Keutamaan Belajar Bahasa Arab

Agar lebih semangat lagi dalam belajar Bahasa Arab, kita harus mengetahui alasan dan motivasi kuat dibaliknya, hal ini tentu juga bisa kita sampaikan pada anak-anak juga sebagai motivasi. Berikut adalah keutaman Bahasa Arab bagi umat Islam.

Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an dan Hadist

dalil belajar bahasa arab

Seperti yang kita tahu, Bahasa Arab adalah Lughatul Qur’an atau bahasa Al-Qur’an, bahasa yang dipakai Nabi Muhammad saw, dan bahasa yang digunakan oleh para sahabat nabi, dan juga hadist.

Dengan mempelajari Bahasa Arab, kelak anak kita akan lebih mudah dalam memahami dan mempelajari tuntunan hidup di dunia fana ini yaitu Al-Qur’an dan hadist. Jika sudah paham, akan membantu sekali dalam proses menghafal dan bahkan menafsirkan isinya.

Allah pun berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” – Q.S: Yusuf:2

Baca juga: Mengembangkan Potensi Anak di Masa Pandemi

Semakin khusyu’ dalam beribadah

Jika kita memahami arti bacaan sholat, tentu akan membuat ibadah sholat menjadi semakin khusyu’. Karena arti bacaan sholat kita sesungguhnya sangat indah dan penuh puji-pujian kepada Allah SWT.

Manusia sebagai hamba yang kecil dan kerdil, akan semakin merasa bukan apa-apa di hadapan-Nya.

Sebagai contoh, ketika sholat kita disunahkan membaca doa iftitah. Doa yang dibaca ketika mengawali sholat setelah niat dan sebelum surah Al-Fatihah, doa ini cukup membuatku bergetar. Berikut adalah arti dari doa iftitah.

اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ

وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا

لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya: “Allah Maha Besar, sempurna Kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim.”

Dalem banget ya artinya, padahal ini baru doa pembuka dalam sholat, bisa bayangkan betapa indahnya bacaan sholat lainnya? Dengan mempelajari Bahasa Arab, tentu akan membuat kita semakin paham, sehingga setiap kalimatnya akan menyentuh hati kita. Beribadah nggak hanya soal kewajiban lagi, tetapi bisa menjadi sebuah kebutuhan.

Baca juga: 5 Situs Download Worksheet Printable Gratis untuk Anak

Belajar Bahasa Arab di Ruangguru Privat

Untuk belajar bahasa baru, akan lebih mudah jika kita didampingi oleh tutor profesional. Sehingga proses belajar akan lebih mudah dan maksimal. Kamu dan anak bisa belajar mengaji di Ruangguru Privat. Selain untuk umum, Ruangguru Privat juga menyediakan les privat eksklusif dengan pengajar terbaik untuk TK/Paud, SD, SMP, SMA, Mahasiswa.

Belajar mengaji secara privat tersedia untuk TK/Paud dan SD. Sedangkan, Belajar Bahasa Arab diperuntukan bagi siswa TK/Paud sampai dengan SMP. Belajar mengaji tersedia dengan 2 metode pembelajaran yaitu tatap muka langsung atau mengaji online. Namun, karena pandemi maka kegiatan pembelajaran hanya dilakukan secara online.

Baca juga: Buat Ramadhan Lebih Berkah dengan Privat Mengaji di ruangles

Ramadhan Sale Ruangguru Privat

promo ruangguru

Agar keseharian selama bulan Ramdhan tetap produktif dan berkah, Ruangguru Privat menyediakan paket spesial Ramadhan, diskon hingga 37%. Pada program Ramadhan Sale tahun ini memiliki menu spesial yaitu Bahasa Arab dan Mengaji yang cocok untuk nemenin  kamu ngabuburit di rumah.

Promo ini hanya berlaku sampai dengan 18 April 2022 dan harga bisa berubah sewaktu-waktu. Harga yang tercantum di poster (63K*) adalah harga pembelajaran metode online dengan durasi pembelajaran 60 menit.

Setelah memilih paket yang diinginkan, kamu bebas memilih jadwal belajar dan kriteria pengajar sesuai dengan yang kamu inginkan. Pengajar di Ruangguru Privat ini berkualitas, lulusan dari Universitas terkemuka dan berpengalaman di bidangnya. Dan apabila terdapat ketidakcocokan selama proses pembelajaran berlangsung, kamu diberikan kesempatan mengganti pengajar sebanyak 2 kali.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar sebelum promonya berakhir!

Posting Komentar untuk "Ngabuburit Bermanfaat, Belajar Bahasa Arab Aja Yuk!"