Manfaat Les Privat, Bisa Menjadi Solusi Belajar Anak

Hai ayah bunda, gimana kabarnya?

Senang ya, anak-anak kembali ke aktifitas semula. Kembali bisa ke luar rumah lagi. Meski kita sebagai orang tua harus mengusahakan yang terbaik agar imun anak terus terjaga. Karena walau pandemi Covid-19 sudah berakhir, ternyata malah bermunculan virus yang nggak kalah meresahkan seperti Virus Hendra, Cacar Monyet, dan Hepatitis misterius. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya.

Selain masalah kesehatannya, ternyata setelah kembali masuk sekolah normal, banyak banget nih orangtua yang mengeluh kalau anak-anak mereka kepayahan mengikuti pelajaran di sekolah, katanya dulu ketika sekolah daring belajar anak kurang maksimal. Bahkan nggak jarang tugas sekolah malah orangtua yang mengerjakan.

“Ya mau gimana mbak, diajarin susah, malah aku jadi emosi, anak tak marahin habis-habisan, jadinya ngambek nggak mau belajar.” Itu adalah salah satu kalimat curhatan tetanggaku yang anaknya tahun ini akan naik ke kalas 6 SD.

Apalagi kelas 6 merupakan masa penting untuk mempersiapkan ujian dan memasuki jenjang SMP. Jadi aku menyarankan kepada Ibu Nia (bukan nama sebenarnya), agar anaknya masuk les saja. Ternyata si anak memang sudah masuk les beberapa waktu, tetapi belum ada perubahan. Dan masih belum bisa mengikuti materi di sekolah dengan baik.

Apakah ada ayah bunda yang mengalami hal yang sama dengan Ibu Nia?

Jika iya, mungkin les privat bisa menjadi solusi belajar anak yang tepat.

Baca juga: Tips Mengajari Anak Calistung di Usia Balita

Manfaat Les Privat untuk Anak

Les privat adalah salah satu metode belajar yang lebih efektif dibandingkan les biasa. Banyak kelebihan dan manfaat yang akan mendukung anak belajar lebih efektif untuk menguasai materi pelajaran yang membuat anak kesulitan.

Belajar jadi lebih fokus dan berkonsentrasi

Ketika belajar tentu anak memerlukan fokus dan konsentrasi yang bagus agar mudah memahami materi yang sedang dipelajarinya. Dan di les privat ini memiliki peserta yang lebih sedikit, dibatasi, atau malah bisa secara individu, hanya guru dan seorang murid. Sehingga anak bisa belajar dengan minim gangguan, lebih fokus, dan konsentrasi maksimal.

Lebih leluasa mengeksplorasi pelajaran

Dalam les privat anak juga bisa bertanya kepada guru dengan lebih leluasa tentang pelajaran yang kurang dimengerti. Tanpa menunggu giliran teman lain atau malah seringnya kehabisan waktu bertanya sehingga kehilangan kesempatan bertanya seperti saat les biasa.

Apalagi dengan keadaan belajar yang kondusif, anak juga akan lebih nyaman.

Guru lebih bisa memantau perkembangan anak dalam belajar

Guru yang mengajar sedikit anak juga akan lebih mudah memantau progress belajar muridnya, sehingga bisa memperbaiki materi dan cara belajar agar anak bisa menguasai materi dengan lebih mudah atau memperbaiki cara belajar anak agar lebih maksimal.

Waktu belajar lebih fleksibel

Waktu yang fleksibel menjadi salah satu keunggulan les privat. Karena anak bisa mengatur jadwal les sesuai dengan agenda kegiatannya sehari-hari.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Anak Lebih Mudah dengan English Academy Dasher

Cara Memilih Tempat Les Privat yang Bagus


Seperti memilih lembaga pendidikan formal, tentu memilih tempat les juga nggak boleh asal. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar nggak salah pilih tempat les dan berakhir dengan buang-buang uang, waktu, dan energi tanpa hasil yang diharapkan.

Tentukan tujuan dan target belajar

Sebelum memilih tempat les, tentu orangtua dan anak harus tahu terlebih dahulu, apa target belajar yang ingin dicapai? Pelajaran atau skill apa yang perlu ditingkatkan?

Dengan mengetahui tujuan belajar maka akan lebih mudah menemukan tempat les terbaik.

Mencari tahu kredibilitas tentang tempat les

Cek rating dan review dari penggunanya, testimoni, atau lulusan tempat les tersebut. Bisa juga cari tahu dari orangtua lain, bagaimana pengalaman anak mereka saat les di tempat tersebut?

Tempat les yang bagus tentu memiliki kredibilitas yang bagus juga.

Sesuaikan budget

Ini nih yang paling penting, harus sesuai dengan budget. Tentu kita ingin pendidikan terbaik untuk anak-anak kita, tapi biaya juga harus dipikirkan. Dengan pencarian yang jeli, tentu kita akan menemukan tempat les yang bagus meski dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Ngabuburit Bermanfaat, Belajar Bahasa Arab Aja Yuk!

Ruangguru Privat

Tempat les privat terbaik rekomendasiku adalah ruangguru privat, di sini anak bisa les privat ekslusif dengan pengajar terbaik. Sehingga dapat membantu anak belajar dengan efektif.

Untuk urusan les anak, ruangguru memang sudah nggak perlu diragukan lagi, ya. Sudah banyak alumi ruangguru yang sukses upgrade nilai, dan bahkan bisa masuk PTN favorit. Jadi kredibilitasnya memang sudah nggak diragukan lagi.

Mata pelajaran lengkap, bebas pilih!

Dalam Ruangguru Les Privat terdapat 86 pelajaran yang bebas dipilih sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan pilihan pelajaran yang lengkap anak jadi lebih leluasa untuk mengeksplorasi materi yang ingin dipelajarinya. Nggak hanya perihal pelajaran, tapi anak juga bisa upgrade skill non akademiknya juga, lho!

Ada les seni seperti vokal, belajar alat musik, les berenang, dan bahkan menyetir! Wah, kalau menyetri sih nggak cuma anak ya yang mau belajar, ayah bundanya juga mau, apalagi kalau punya mobil baru, hehe

Selain itu tersedia juga les privat untuk TK/PAUD, SD, SMP, SMA, universitas dan umum. Dan juga tersedia kurikulum internasional.

Bebas atur waktu belajar

Ini nih yang nggak kalah penting, untuk anak yang sibuk berkegiatan, bisa mengatur waktu luang yang sesuai dengan jadwal hariannya. Anak juga bebas belajar dengan guru yang dipilihnya, dan bebas memilih topik belajar sesuai dengan kebutuhan anak.

Pengajar berkualitas

sumber gambar: ruangguru

Guru les privat di ruangguru privat merupakan pengajar terbaik, lulusan dari universitas terkemuka dan tentunya berpengalaman di bidangnya.  Selain itu kamu juga bisa ganti guru 2 kali, seandainya anak kurang cocok dengan guru yang mengajarnya.

Jadi nggak perlu khawatir ya, anak kita dibimbing oleh orang yang tepat.

Biaya lebih murah

Jika biaya menjadi salah satu kendalanya, nggak usah khawatir. Ruangguru privat biayanya lebih hemat hingga 40% dari biaya les privat sejenisnya, lho! Yaitu mulai dari Rp.70.000 per jam.

Selain itu ayah bunda bisa coba dulu nih trial class atau kelas gratisnya dulu. Jika udah mantap, dan anak enjoy, baru deh beli kelas les privatnya.

Selamat belajar!

3 komentar untuk "Manfaat Les Privat, Bisa Menjadi Solusi Belajar Anak"

Comment Author Avatar
Bener banget ini. Kalau yang ngajar ibunya malah jadi emosi. Mending diajar guru les privat. Ruangguru privat apakah ada offline nya juga kak?
Comment Author Avatar
wah mantap ya ruang guru ini 😍 beradaptasi dengan pandemi.. Anak-anak di daerah kami yg jauh dr akses fasilitas pun dimudahkan dengan belajar online seperti ini
Comment Author Avatar
70rb per jam untuk kelas privat itu worth it sih, karena ada beberapa anak yang belajarnya baru bisa paham kalau diajarkan secara privat