Pecinta Pedas, Sini Merapat! Yuk Kenalan dengan Cabai Asal Kalimantan, Cabai Hiyung

Cabai Rawit Hiyung

Kamu pecinta pedas?

Sama. Aku juga!

Mayoritas orang Indonesia memang menyukai kuliner pedas, rasanya nggak afdol kalau makan nggak ada pedas-pedasnya. Berasa kurang mantap. Makanya setiap makan, terutama makanan utama, buatku sambal adalah hal yang nggak boleh ketinggalan.

Nah, untuk membuat sambal yang mantap tentu bahan-bahan berkualitas sangat diperlukan. Salah satu jenis cabai unggul Indonesia adalah Cabai Hiyung. Selain pedas ternyata Cabai Hiyung memiliki berbagai keunggulan yang patut kita ketahui.

Mengenal Cabai Hiyung

Cabai Hiyung pertama kali dikembangkan oleh Subarjo, petani desa Hiyung pada tahun 1993. Jadi memang sudah sejak lama ya, varietas Cabai Hiyung ikut meramaikan pasar cabai di Indonesia. Dan ikut andil dalam membuat makanan kian terasa kelezatannya.

Tumbuh Subur Saat Ditanam di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan

Cabai Hiyung adalah salah satu cabai dengan kualitas terbaik ternyata tumbuh di Kalimantan. Cabai ini sudah ditanam di beberapa desa dan bisa tumbuh dengan baik. Dari hasil panen Cabai Hiyung yang ditanam di Kalimantan, ada satu tempat yang menghasilkan cabai dengan kualitas terbaik karena keunikan cara penanaman dan budidayanya, yakni di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. 

Wah, unik banget ya, mungkin iklim dan tanah di sana sangat mendukung dengan baik pertumbuhan Cabai Hiyung hingga menghasilkan kualitas cabai yang baik juga. Apalagi dirawat dan dipetik langsung oleh Petani Kalimantan.

Pernah dengar jika tumbuhan juga memiliki jiwa, dia akan tumbuh dengan baik apabila dirawat sepenuh hati. 

Kandungan vitaminnya lebih unggul

Tak hanya unggul dari tingkat kepedasannya, Cabai Hiyung juga memiliki kandungan vitamin dan protein yang lebih tinggi, yaitu Vitamin A 11,8836,42 IU/100 gram. Vitamin B 763,52 ppm dan kandungan proteinnya 5,83 persen.

Makan cabai jadi berasa makan sayur jadinya. Tapi memang makanan pedas itu bisa melancarkan pencernaan juga, lho.

Rahasia Resep Sambal ABC

Sebagai pecinta pedas, jujur aku dan sekeluarga menjadikan Sambal ABC sebagai sambal favorit keluarga kami, kami baru tahu ternyata Cabai Hiyung sebagai rahasia kelezatannya.

  

Sambal ABC

Sekarang aku tau nih kenapa Sambal ABC tuh enak banget. Ternyata karena memang Sambal ABC bukan sambal biasa. Menggunakan bahan-bahan terbaik dan cabai berkualitas, yaitu Cabai Hiyung yang dirawat dan dipetik langsung oleh Petani Kalimantan.

Dengan cita rasanya yang pedas, gurih, nikmat, Sambal ABC menjadi sambal yang cocok dengan makanan apapun. Makan dengan Mie Instan, Bakso, Steak, hingga jadi resep andalan ketika masak udang pedas asam manis. Masak jadi lebih praktis dan no ribet. My spice my way!

Sekarang sudah nggak heran lagi kenapa Sambal ABC menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yang ternyata resep rahasianya adalah cabai Hiyung.

Sambal ABC memiliki 5 varian sambal lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Yuk, cobain makan makin enak dengan Sambal ABC yang bisa kamu beli di toko-toko terdekat atau ecommerce kesayangan kamu. Beli sekarang di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli! Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online.

 

 



 

Sumber referensi tulisan:

-https://lldikti11.ristekdikti.go.id/jurnal/pdf/d32460f8-3092-11e8-9030-54271eb90d3b/

- https://id.wikipedia.org/wiki/Cabai_hiyung

- https://www.kraftheinzfoodservice.co.id/about-PT-Heinz-ABC-Indonesia

 


19 komentar untuk "Pecinta Pedas, Sini Merapat! Yuk Kenalan dengan Cabai Asal Kalimantan, Cabai Hiyung"

Comment Author Avatar
Aku di rumah pakai sambal ABC ...wah baru tahu kalau cabai berkualitas, yaitu Cabai Hiyung yang dirawat dan dipetik langsung oleh Petani Kalimantan menjadi bahan sambal ABC, pantesan mantap pisan!
Comment Author Avatar
wehhh mantaabb banget inii
aku tim pecinta pedaass
kayaknya bakal berburu produk ini
Comment Author Avatar
Cabai hiyung ini emang terkenal pedas ya
Aku sudah coba saos sambal ini
Comment Author Avatar
Saya baru tahu ada varietas cabai hiyung. ABC keren ya, bisa terus mengeksplorasi kekayaan tanaman nusantara.
Comment Author Avatar
Cabai Hyung ternyata cabai asli yang dipakai buat Sambal ABC yaa. Baru tau nih! Saya juga baru tau ada yang namanya cabai hyung. Cabai oppa nggak ada? Eh, beda aliran ya itu. Wkwk..
Comment Author Avatar
ternyata Indonesia memang nomor satu ya kalo soal pedas. apalagi cabainya memang pilihan dan tumbuhnya didaerah tertentu..gak salah kalo masakan indonesia selalu enak dan recommended hehe
Comment Author Avatar
Belum pernah makan Cabai Hiyung dan penasaran banget gimana pedesnya.
Karena memang makan tuh paling enak ada pedes-pedesnya, hihi.. Dan kandungan vitamin Cabai Hiyung ini luar biasa yaa.. Kudu dicobain tanpa perlu repot karena uda dikemas rapih dan praktis sama Sambal ABC.
Comment Author Avatar
Hoo baru tau lho mba kalo sambal ABC nih cabainya dari cabai hiyung yang dipadukan dengan kandungan vitamin lainnya yang bermanfaat untuk nutrisi tubuh.
Pastinya nikmat dan bergizi!
Comment Author Avatar
Wah, baru tahu kalau nama cabai ini, cabai Hiung khas Kalimantan. Kayanya seger banget. Pantas sih saos sambal ABC pedasnya mantap.
Comment Author Avatar
Recommended nih untuk dicoba kalau si bayi dah mulai gede.. sekarang masih kecil nih
Comment Author Avatar
sekarang mau sambal pedastidak perlu repot ngulek sambel ya, sudah tersedia dalam kemasan yang selain praktis juga harganya terjangkau setahu aku
Comment Author Avatar
Baru tahu ada yang namanya cabe Hiyung. Keren banget sambal ABC bisa angkat potensi pertanian lokal di Indonesia. Ini udah dijual di supermarket kan ya? Pengin nyobain. Saya punya saudara tinggal di Kalimantan kok ga pernah cerita ada cabe Hiyung ya.
Comment Author Avatar
Saya baru mengenal cabai hiyung dari sambal ABC ini. Rasanya jenis cabai ini jarang terdengar di telinga. Ternyata memang daerah pembudidayaannya cukup jauh dari tempat saya tinggal sekarang, yakni di Kalimantan. Tapi soal rasanya, sudah ga bisa dipungkiri lagi sih, cabai Hiyung di sambal ABC itu memang enak.
Comment Author Avatar
Beberapa waktu yang lalu juga sempat melihat tulisan blogger lainnya tentang cabe hiyung ini. Ternyata memang seenak itu ya kalau untuk bahan baku saus
Comment Author Avatar
Luarrr biasa cabai Hiyung asal Kalsel ini memang pedasnya polll. Buat penggemar makanan pedes pasti jadi favorit banget sambal ABC dengan menggunakan cabai Hiyung ini,
Comment Author Avatar
Aku salah fokus sama nama jenis cabainya, berasa nama Korea ya. Duh jd ngiler pengen cobain deh
Comment Author Avatar
Baru tauuu ada cabe namanya cabe hiyung, kaya dari korea yaaaa...
Pantesan sih sambel ABC ini beda rasanya ada unik-uniknya gituu ternyata ya emang bahan bakunya aja beda ya spesial dari kalimantan
Comment Author Avatar
Owalah ini namanya cabe hiyung... Sudah biasa memasak menggunakan cabe ini, pas mudik berasa shock culture Karena cabenya beda Dan identik kurang nampol pedasnya hehehe
Comment Author Avatar
Oh cabe yang seperti ini namanya Cabai Hiyung ya kak, disini sku suka beli yang seperti ini, pedasnya mantap banget