Review Buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia Karya Hokky Situngkir

Kita hidup di negara yang memiliki beragam budaya, ras, dan tradisi, yang jika ditelusuri satu per satu tentu akan sangat menarik. Dan salah satu wishlist aku adalah bisa keliling Indonesia dan melihat langsung kehidupan dan budaya masyarakat lokal. Tetapi nyatanya, aku belum bisa keluar dari Pulau Jawa, hehe

Makanya ketika bertemu dengan buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia karya Hokky Situngkir, aku seneng banget! Meski secara nyata belum bisa menelusuri langsung keberagaman Indonesia, melalui buku ini aku jadi lebih banyak tau lagi tentang budaya-budaya yang selama ini aku nggak tau.

Contohnya sebagai orang jawa, di sini ada motif batik truntum, yaitu motif batik yang dipakai pengantin wanita ketika melakukan resepsi pernikahan. Ternyata hal sederhana tersebut memiliki makna dan filosofi yang mendalam. Jadi memang nggak hanya asal pakai saja.

Jadi Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia menurutku merupakan sebuah karya yang mengangkat sejumlah misteri dan rahasia sejarah yang tersembunyi di tanah air kita. Penulisnya, Hokky Situngkir, membawa pembaca dalam perjalanan yang mendalam ke berbagai episode sejarah yang jarang terpapar oleh buku-buku sejarah mainstream. Dengan penuh gairah, bahasa yang lugas, dan tidak terlalu formal, sehingga baca buku sejarah terasa lebih menyenangkan dan nggak bikin ngantuk.

Melalui buku ini penulis mengajak kita untuk menyelami detail-detail sejarah penting di kepulauan Indonesia yang kerap diabaikan.

Blurb Buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia

Menelaah, menelusuri, dan mendalami hakikat kepulauan nusantara merupakan serangkaian ikhtiar manusia Indonesia untuk mengenal jati dirinya lebih jauh. Keindahan dan kekayaan ragam budaya di kepulauan nusantara menyimpan enigma (teka-teki, kode-kode) yang amat melimpah.

Sejak dulu, nenek moyang nusantara sudah menggunakan geometri fraktal dan menyisipkan pesan sarat makna saat menciptakan sesuatu seperti ketika menggambar motif batik dan membuat lukisan Smaradhana (Bali). Geometri dalam Smaradhana ternyata lebih rumit dari lukisan The Last Supper karya Leonardo Da Vinci. Situs megalitikum Gunung Padang dan Candi Borobudur juga dibangun dengan menggunakan teknologi yang mengagumkan.

Kode-kode makna dan filosofi yang terkandung dalam estetika dan cita rasa ekspresi budaya merupakan warisan agung menguasai nusantara sejak berabad-abad lalu. Sebagai ahli waris, kita masih memiliki kesempatan untuk membersihkan debu dan karat yang menempel pada "brankas" berisi warisan agung tersebut.

Bak labirin di tengah belantara budaya, dalam karya, cipta, dan karsa nenek moyang nusantara terkandung kode-kode yang telah lama dirahasiakan oleh sang waktu. Melalui buku ini Hokky Situngkir dan tim berusaha membaca, meneliti, hingga memecahkan kode-kode tersebut dan mengangkatnya ke permukaan.

Review Buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia

Sains Populer, Sosial Budaya, Handy Book, Teman Traveling
"Fakta bahwa otak manusia memiliki miliaran sel saling bertautan dalam setiap fungsinya, maka betapa setiap individu memiliki kombinasi karakter unik. Melihat pikiran manusia melahirkan sikap budaya, membangun peradaban, menampakkan kumpulan informasi dalam tingkat kompleksitas yang tinggi." hal. 116

Indonesia, dengan lebih dari 17 ribu pulau dan ratusan suku bangsa, adalah rumah bagi salah satu keragaman budaya terbesar di dunia. Setiap sudut negeri ini dipenuhi oleh warisan sejarah, tradisi, bahasa, dan adat istiadat yang unik.

Mengungkap Fakta-Fakta Sains Modern

Sains modern terus menggali rahasia alam semesta dan menyajikan temuan-temuan yang sering kali mencengangkan dan mengubah paradigma. Dalam era ini, penelitian dan teknologi telah membuka pintu ke pemahaman baru tentang fakta-fakta sains modern yang tersembunyi di balik kekayaan tradisi Nusantara.

Menggali fakta-fakta sains populer tidak hanya menambah kekaguman kita terhadap alam semesta, tetapi juga memberikan dorongan besar dalam pengembangan teknologi dan pemahaman tentang kehidupan.

Pencerahan Budaya

Banyaknya budaya dan keragaman Indonesia ternyata sangat indah ketika kita gali lebih dalam, kita jadi bisa memahami perbedaan sosial budaya dengan rasa toleransi yang sebenarnya merupakan sikap mendasar yang seharusnya dimiliki oleh semua orang.

Karena ketika kita hanya berkutat dengan budaya sendiri, tanpa peduli dengan budaya orang lain, kita akan cenderung menutup diri dan bersikap keras terhadap perbedaan. Padahal keberagaman merupakan hal yang indah apabila rasa toleransi itu mampu kita tumbuhkan.

Misteri Sains yang Menarik

"Lebih dahsyat lagi geometri fraktal digunakan para ahli, baik Barat maupun Timur, untuk melihat perekonomian pada masa depan. Ilmu pengetahuan itu juga diterapkan di sistem komputer, program website, bidang kedokteran, dunia musik, kosmologi, penelitian budaya, dan lain-lain." hal.36
Misteri selalu memiliki daya tarik tersendiri, memancing rasa ingin tau dan imajinasi kita. Apalagi jika misteri tersebut merupakan sebuah fakta yang bisa digunakan pada perkembangan teknologi, budaya, dan berbagai hal yang memiliki manfaat untuk kita di masa depan.

Manusia sejatinya berjalan kedepan dengan landasan sejarah yang telah terjadi di masa lalu.

Pengetahuan Unik

Ada banyak sekali pengetahuan unik dalam buku ini, sebagai contohnya seperti yang sudah aku singgung di awal tulisan tadi yaitu tentang batik motif truntum.

Baca Buku, Enigma Pusaka Indonesia
Motif truntum tercipta dari Ratu Kencana yang melukis bunga tanjung mungil kesukaannya, yang wanginya membuat perasaannya tenang. Lukisan itu dibuat teratur, berpola, dan dalam ruang kosong geometris tersebut di gambarkan titik-titik bintang yang seakan-akan sedang memenuhi kehampaan hatinya.

Ratu Kencana berharap agar cinta di hatinya terus tumbuh (taruntum) dan tidak pudar. Harapan tersebut pun dikabulkan ketika hati Sang Prabu terpanggil dan menyadari kekeliruannya telah mengabaikan garwa padmi karena selir baru.

Sejak saat itu motif batik ini digunakan sebagai ageman (pakaian) sebagai harapan dua keluarga dalam memelihara kasih dan kesetiaan dengan perkawinan dua manusia yang saling mencintai.

Setelah mengetahui sejarahnya dan filosofinya, aku jadi bisa lebih menghargai warisan budaya kita, dan ingin terus melestarikannya agar tidak pudar tergerus arus modern dan budaya dari luar.

Dengan Sejarah Kita Bisa Membangun Peradaban yang Lebih Baik

"Geometri modern memudahkan kita mengenal atau membatasi, mana politik bermotif kekuasaan, mana politik bermotif nilai, mana politik bermotif ekonomi, dan mana yang bermotif sosial." hal. 208

Sejarah bukan hanya catatan masa lalu, melainkan pengetahuan yang akan memandu kita dalam memahami, menghargai, dan membentuk masa depan. Dengan sejarah kita bisa belajar banyak hal untuk memperbaiki masa depan agar lebih baik.

Penutup

baca buku sejarah
Buku Sejarah Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia bukan hanya sekadar tentang sejarah tetapi juga sebuah perjalanan emosional melintasi masa lalu yang kaya akan pengetahuan sains modern, informasi unik, dan banyak misteri yang selama ini masih teka-teki tetapi dibahas dalam buku ini.

Dengan gaya penulisan yang santai dan lugas Hokky Situngkir berhasil menciptakan karya yang menggugah rasa ingin tahu pembaca tentang warisan sejarah kita yang begitu berharga. Melalui halaman-halaman bukunya, kita diajak untuk menyelami Enigma Pusaka yang menyimpan kisah-kisah luar biasa di tanah air kita sendiri.

Buku ini disajikan dengan ukuran yang tidak terlalu besar jadi sangat nyaman ketika digenggam (handy book), jadi cocok banget untuk jadi teman traveling kamu. Sambil menikmati keindahan alam Indonesia sekaligus menelusuri jejak-jejak sejarahnya yang sungguh sayang jika dilewatkan begitu saja.

Yuk, kenali budaya kita sendiri dengan membaca buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia! 

Kamu bisa beli buku ini di Tokopedia karena sekarang lagi ada promo diskon 20% bagi followers instagram @enigmapusaka. Jadi sebelum beli, jangan lupa follow instagramnya dulu ya, untuk mendapatkan harga termurah!

11 komentar untuk "Review Buku Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia Karya Hokky Situngkir "

Comment Author Avatar
Menarik ya seorang selir bisa diabadikan menjadi bagian budaya karena memiliki karya
Comment Author Avatar
Sungguh buku yang berbobot ya Mbak. Saya jadi kepengen baca bukunya setelah membaca ulasan Mbak di sini. Memang sejarah itu bukan sekadar cerita, tapi banyak pelajaran untuk perbaikan masa depan.
Comment Author Avatar
Menarik juga ya... Biasanya kan motif-motif batik atau wastra Nusantara kan kita terima gitu aja, engga tanya-tanya sebabnya. Bagus nih bukunya, berarti menganalisis suatu motif ya...
Cus ah follow IG-nya terus ke marketplace kesayangan
Comment Author Avatar
Wah, buku ini punya cerita yang unik
Bisa sekalian belajar tentang beragam budaya di kepulauan Indonesia ya mbak
Comment Author Avatar
Jadi makin cinta dengan Indonesia nih... Masya Allah banyak sekali kekayaan Indonesia ya
Comment Author Avatar
Kayaknya bukunya bagus ya, sayang kalau generasi muda ngak baca buku ini, buku yang memuat tentang Indonesia serta informasi tentang kekayaan budaya Indonesia. Aku suka baca buku seperti ini...cusslah mau beli juga.
Comment Author Avatar
Penasaran dengan bukunya. Pengen tahu semua pengetahuan unik yang disampaikannya. Pasti bikin wawasan kita nambah
Comment Author Avatar
wah menarik nih kayaknya bukunya terutama jika ingin menelusuri asal usul kebudayaan kita ya, mbak
Comment Author Avatar
Dulu saya pun sering bingung urusan batik ini Mbak. Ternyata beda motif, beda cerita dan tujuan. Hebat sebenarnya memang nenek moyang Indonesia itu. Kain batik bukan hanya membawa pesan estetika, tapi ternyata mengandung pesan budaya dan cita-cita. Bagus juga ada Enigma Pusaka di Indonesia yang ikut mengupas lebih dalam semuanya.
Comment Author Avatar
Salut banget sama penulisnya yang bisa menyajikan sesuatu yang sulit dipahami dan menjadi sebuah pengetahuan baru yang diperoleh ketika selesai membaca Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia.
Comment Author Avatar
anakkku yang 8 tahun, rasanya udah bisa baca buku enigma ini. belajar tentang indonesia juga jadinya, hehe.