Jelajah Metaverse dengan Fast Internet Provider, IndiHome

 “Kamu bisa pergi kemana pun kamu mau di dunia ini hanya dengan satu pedang. Mungkin ini memang dunia virtual, tapi aku merasa lebih hidup di sini daripada di dunia nyata.” - Kirigaya Kazuto (Sword Art Online)

Adakah di sini yang suka nonton anime? Sekarang nggak cuma di anime kita bisa memasuki dunia virtual, lho! Kamu harus update literasi digital masa kini biar nggak ketinggalan info.

Dulu saat masih single dan punya banyak waktu, anime adalah salah satu hiburan yang menarik. Premisnya yang memikat, nggak bisa ditebak, dan selipan pesan perjuangan yang selalu ada dalam setiap cerita akan membuat para wibu tergila-gila.

Ada satu anime yang aku tonton di tahun 2012 silam, yaitu Sword Art Online. Bercerita tentang Kirito (Nickname Kirigaya Kazuto) pada sebuah game yang bisa dimasukinya secara virtual menggunakan Nerve Gear, helm virtual reality yang bisa menghubungkan pemainnya ke dalam dunia virtual game.

Jadi saat main game, badan kita di dunia nyata seperti tertidur, sedangkan dalam otak kita berpikir sungguh-sungguh memasuki dunia game tersebut dan bermain dengan seluruh badan seakan semua terasa nyata.

Menariknya, latar waktu game tersebut adalah tahun 2022, yang pada saat itu berarti 10 tahun yang akan datang. Di sini aku dibuat takjub, karena sekarang aku berada di masa depan, latar terjadinya game dalam anime tersebut dibuat.

Anime tersebut seperti memprediksi perkembangan teknologi yang akan terjadi pada tahun ini. Kerennya lagi, saat ini memang game virtual sedang naik daun. Nggak hanya sekedar hiburan, banyak literasi digital masa kini yang membahas tentang platform dunia virtual atau biasa dikenal dengan metaverse untuk menghubungkan banyak orang, dengan tujuan yang lebih kompleks.

Apa itu metaverse?

dunia virtual

Istilah metaverse memang akhir-akhir ini populer, apalagi semenjak wabah Covid-19 menyerang, semua berlomba-lomba untuk membuat platform digital agar semua hal bisa dilakukan secara online. Mulai dari berbelanja menggunakan e-commerce, transaksi banking dengan m-banking, hingga beli tiket transportasi dan booking hotel via aplikasi.

Kemudian muncul istilah blockchain, NFT, bitcoin, dan sebagainya, yang merupakan bagian dari metaverse. Jadi metaverse adalah dunia virtual dimana kita bisa menciptakan avatar sesuai dengan keinginan kita dan bebas berinteraksi dengan pengguna lain, membeli apa yang diinginkan, hingga membuat rumah tinggal di sana.

Makin bingung? Andaikan saja kamu sedang bermain game The Sims. Kamu bisa memiliki teman, membangun keluarga, memiliki rumah, hingga membeli aset-aset berharga agar kamu cuan. Tapi bedanya hasil cuan tersebut bisa kamu uangkan dan dipakai di dunia nyata.

Saat ini banyak perusahaan teknologi sedang mengembangkan dunia virtual tersebut agar menjadi trend di masa depan.

metaNesia, Dunia Virtual Buatan Telkom Indonesia

Belum lama ini Telkom Group meluncurkan metaverse sendiri yaitu metaNesia, dunia metaverse dengan tahun yang sama dengan saat ini, tahun 2022. Di ruang digital ini, kita bisa berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi melampaui batas metaverse untuk mewujudkan kesetaraan ekonomi digital Indonesia.

Dalam pengembangannya metaNesia didukung oleh smarteye.id yang sudah berpengalaman dalam dunia Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), sehingga pengguna akan memiliki pengalaman yang menyenangkan saat mengoperasikan metaNesia.

Interaksi dalam metaverse metaNesia Land

metaNesia adalah gambaran teknologi masa depan, kita bisa berinteraksi dengan bantuan blockchain sebagai inti dari teknologi metaverse.

Sebagai anak muda jaman now, kita harus melek literasi digital masa kini, agar nggak ketinggalan dan bisa memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Termasuk ikut meramaikan metaverse bangsa kita sendiri.

Metaverse Mall

Dalam fitur ini kamu bisa menikmati pengalaman baru, berbelanja di dunia virtual yang menyajikan informasi, simulasi produk, dan interaksi pelayanan secara langsung seperti di mall.

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, "Kayak mall, nanti ada beberapa toko. Pengunjung bisa secara virtual berkunjung di dalamnya dan melihat produknya. Bahkan beberapa produknya bisa dilihat lebih detail seperti aslinya."

Metaverse Concert

Untuk anak muda yang suka kongkow dan nonton konser, di sini juga tersedia nonton konser virtual yang menghadirkan interaksi antara musisi dan penontonnya. Apalagi buat kamu yang LDR, bisa banget nih ketemuan sama doi di metaNesia dan nonton konser bareng. Jarak bukan lagi penghalang ya tsay! Hehe

Akses metaNesia dengan Fast Internet Provider

Untuk mengakses metaNesia cukup mudah, yaitu dengan mendownload aplikasinya, kemudian daftar dengan pilih sign up atau pilih log in jika kamu sudah memiliki akun. Isi data yang diperlukan, kemudian konfirmasi pendaftaran melalui email.



Setelah itu kamu bisa log in, dan membuat avatar yang sesuai dengan karakter atau keinginanmu. Gampang banget kan?

Nah, agar akses minim hambatan kamu bisa menggunakan jaringan IndiHome, 

yang akan mendukung kreativitas dan imajinasi kamu dalam dunia virtual tanpa batas. Selain itu kamu harus selalu update info tentang literasi digital masa kini agar nggak gampang percaya hoax hingga berakhir menghambat karir kamu di ruang digital.

Solusi fast internet provider, untuk aktivitas tanpa batas!

indihome wifi


Saat ini hampir semua profesi membutuhkan internet, karena itu IndiHome selaku fast internet provider terus memperluas jaringan, berinovasi, dan mengkampanyekan literasi digital masa kini agar anak muda zaman now bisa memanfaatkan internet dengan maksimal.

Tentu dalam hal positif untuk masa depan yang lebih baik, terutama untuk generasi sandwich yang memiliki beban berat di usia produktifnya.

Kamu harus tetap semangat, ya!

Pilihan paket berlangganan IndiHome bonus akses Disney+ Hotstar

Selain jaringannya yang luas, IndiHome memberikan akses kecepatan internet up to 300 Mbps, ngebut banget!

Anti buffering lah ya kalau buat nonton film favorit kamu. Oh iya, sekarang ini IndiHome sedang ada promo untuk pembelian paket berikut ini, sudah termasuk berlangganan Disney+ Hotstar.
  • Paket 3P (Internet+TV+Phone)
  • Paket 2P (Internet+TV)
  • Paket 2P (Internet+Phone)
Promo tersebut berlaku hingga 30 September 2022, untuk lebih lengkapnya kamu bisa banget kepoin webnya IndiHome ya.

Lumanyan banget nih buat healing dan update terus literasi digital masa kini biar nggak kudet, cuan lancar, heling jangan lupa! hehe

Salam,
Ning!

42 komentar untuk "Jelajah Metaverse dengan Fast Internet Provider, IndiHome"

Comment Author Avatar
Jadi penasaran nih pengen coba main buatan anak bangsa 🥰
Comment Author Avatar
Metaverse sebuah dunia yang terlihat aneh tapi bahkan sekarang kita menjadi bagiannya. Benar-benar luar bisa teknologi ini ya.
Comment Author Avatar
Keren ya Telkom terus berinovasi
Comment Author Avatar
kalau pakai telkomsel aja berarti bisa juga ya kak akses metanesia ini? soalnya pengin tau gimana, hihihi
Comment Author Avatar
wah aku sendiri belum pernah cobain teknologi metaverse seperti apa tapi memang ya pasti butuh koneksi internet yang kencang.
Comment Author Avatar
Samaan ya Kita dulu waktu masih single suka nonton anime. Metanesia ini dari Telkom, ya, bagus nih inovasinya. Internet dari Telkom emang stabil dan lancar.
Comment Author Avatar
IndiHome bakal jadi fast internet provider yang jadi andalan masa depan digital indonesia ya
Comment Author Avatar
Boleh juga nih coba ceki-ceki soal metaverse ini, karena belum pernah menyaksikannya secara langsung.
Cari tahu kudu dilakukan biar tetep update dan gak gaptek ya jaman now
Comment Author Avatar
Kebayang serunya, jika bisa belanja di metaVerse Mall seperti belanja di mall secara langsung. Bukan cuma pic produk, tapi bener-bener bisa melihat detail produknya secara presisi.
Comment Author Avatar
IndiHome pling tau banget kebutuhan kita saat skrg ini, memudahkan aktivitas apa pun di dunia internet. Sebagai pengguna IndiHome aku senang dgn adanya Metaverse yg diluncurkan IndiHome ini
Comment Author Avatar
Seru sekali. Dulu pas kecil aku sering membayangkan kalau kita punya seorang tokoh metaverse yg kita banget, kaya avatar. Nggak nyangka sekarang bisa dikembangkan ya. Bahkan bisa seperti hidup di sana, beli rumah dan lainnya dan menghasilkan uang. Which is uangnya bisa dipakai di dunia nyata? hihihi keren euy
Comment Author Avatar
Metaverse ini bikin aku mupeng kak, penasaran aku. Apalagi ada IndiHome, makin asyik kayanya selancar di metaverse
Comment Author Avatar
Iyess, pernah ikut masuk ke mall digital kek gini lewat link yang dibagikan teman komunitas. Seruu, bingung dan pingin ketawa sih kak, hihi.
Maklum buat emak2 yang rada gaptek kek saya ini cari tempat event di mall digital itu nggak mudah, hehe.

Btw sukses terus telkomsel dengan Metaverse-nya, moga selalu menjadi yang terdepan untuk layananan digital pemersatu bangsa.
Comment Author Avatar
masa depan bukan lagi belasan tahun ke depan tapi justru saat ini ya. metaverse yang dulu jadi impian kini jadi kenyataan. internet kenceng tanpa hambatan udah pasti sangat dibutuhkan agar metaverse dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan ya. kebayang dong pas lagi main game atau trading BTC tiba tiba ngelag, ambyaarrr , hehe
Comment Author Avatar
Wah keren banget ternyata telkom sudah bikin metaverse juga. Ini pas mengaksesnya harus vr gitu ya, mbak?
Comment Author Avatar
Menarik banget ya Metaverse ini. Seru nih kalau bisa join Metanesia. 😍 Bisa konser virtual juga..
Comment Author Avatar
Zaman now memang internet kencang itu perlu banget ya ..aku udah lama banget jd pelanggan indiHome
Comment Author Avatar
Wah iya penasaran pengen tahu lebih banyak tentang metaverse ini
Pakai IndiHome seru ya, bisa jelajah metaverse sekalian langganan Disney Hotstar
Comment Author Avatar
Wah, IndiHome selalu kasih kenutan buat customernya melalui promo-promonya ya
Comment Author Avatar
mantap! internet memang bikin hidup lebih hidup ya, hehe.. apalagi pakai Indihome minim banget eror dan gangguan selama pakai nih
Comment Author Avatar
Keren banget ini kak apalagi jaringan IndiHome sangatlah mumpuni untuk membantu bikin konten menarik
Comment Author Avatar
Aku jadi inget novel yg bbrp bulan lalu sempat aku baca, ttg metaverse. Di mana orang2 jadi ga mau kluar rumah lagi, Krn segala sesuatunya sudah disediakan dr dunia metaverse, sampaj pasangan 😄. Gila sih. Jadi pemakai vr nya sampe bisa merasakan seolah2 pasangan halu nya itu nyata. Serem. Tapi memang kalo dipakai secara bener ini menarik ya mba.

Aku ngebayangin mall yg ada di metaverse bisa juga buat kita belanja langsung, ngerasain barangnya, trus kalo setuju beli, bisa LGS delivery ke rumah 😄. Kan enak ga perlu kluar rumah. Ibaratnya belanja online tapi naik kelas Krn bisa LGS melihat barang 😄

Indihome provider yg aku pake sejak awal nikah. Berarti udah 11 THN 😄. Ga ada niat ganti sih, udah puas bgt pake Indihome
Comment Author Avatar
Zaman sekarang, internet sudah kaya udara....dioerlukan setiap saat. Saya pelanggan Indihome. Indihome emang keren tak pernah buppering
Comment Author Avatar
Wowww kepo sama metaNesia, dunia metaverse di mana kita bisa berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi melampaui batas metaverse persembahan Telkom Indonesia. Kereeen!
Comment Author Avatar
gak kebayang ini dunia metaverse, jasad dimana tp pikiran ada dimana.. luar biasa teknologi itu dan pastinya selalu butuh kecepatan internet yg mendukung seperti IndiHome 😍
Comment Author Avatar
Metaverse di IndiHome? Wow... Bisa jumpalitan di dunia maya dong kita pake avatar 👽
Comment Author Avatar
Ck ck dunia metaverse memang mengasyikkan dan memabukkan mungkin bisa dibilang. Bahkan anak2pun udah suka banget bermain di Meta verse ya.
Comment Author Avatar
Wih IndiHome sudah merambah ke dunia metaverse juga
Comment Author Avatar
Metaverse memang bikin penasaran. Sukses Telkom
Comment Author Avatar
Saya juga dulu suka nonton Anime Mba. Jadi penasaran ama MetaNesia, dunia virtual buatannya Telkom. Saya jadi ngebayangin di masa depan udah secanggih apa sih teknologi kita
Comment Author Avatar
Penasaran banget nih sama dunia metaverse khusus.y milik telkom, eh btw belum pernah nonton SAO nih sy pasahal bnyak yg bilang keren
Comment Author Avatar
Kalau bicara soal metaverse, anime SAO itu selalu terlintas pertama kali di benakku. Jalan ceritanya membekas banget, apalagi di awal cerita udah bikin gebrakan waktu alat yang seperti helm itu tiba-tiba programnya diubah dan bikin pemainnya gabisa kembali ke dunia nyata kalo belum menyelesaikan permainan. Semoga ke depannya konsep metaverse ini bisa minim risiko ya dan semoga IndiHome ini bisa meng-cover kebutuhan internet cepat untuk metaverse
Comment Author Avatar
Eh ya ampun keren bangettt ihh.. asik yaah aku bayangin ini udah daridulu, pandemi bikin segalanya jadi berkembang termasuk metaverse version gini
Comment Author Avatar
wah keren nih mba, pengen coba metanesia jg nih. sprtnya asyik
Comment Author Avatar
Internet cepat dari IndiHome membuat kita bisa mendapat banyak kesempatan
Termasuk menjelajahi metaverse
Comment Author Avatar
Waah menatik nih trlkomsel, kmrin berencana mau ganti modem keluar telkomsel, ehh ada ini boleh nih dicoba
Comment Author Avatar
belum kebayang sih ya metaverse itu apa, tapi kalau ngomongin IndiHome mah oke dah aku pakai yang ppaket sama telepon juga mantul
Comment Author Avatar
Aku pernah juga nih...kena virus anime yang bikin gak berenti kepo.
Hihi...kayanya aku sulit menemukan anime yang aku suka itu.. Tapi memang kudu pilih-pilih genre sesuaikan dengan mood ini bener banget.

Metaverse yang kini dikembangkan semakin bikin smeangat.
Karena semakin lengkap dan mudah diakses. Dengan Indihome, kita bisa memasuki dunia virtual dan memudahkan segala aktivitas.
Comment Author Avatar
Indihome benar-benar juara ya dan selalu berinovasi. Meski belum paham menggunakan metaverse tapi Indihome is the best
Comment Author Avatar
Memang lebih nyaman pake indihome, jaringannya bagus dan sangat bagus untuk kebutuhan dirumah maupun kantor.
Comment Author Avatar
Kalau ada paket lengkap sekaligus ya pilih aja, internet smartphone lancar, nonton streaming si TV Mantul
Comment Author Avatar
Punya IndiHome dirumah itu memang membuat kerjaan jadi makin cepat dan mudah.. keren IndiHome