Ide Aktivitas Seru untuk Memperkuat Bonding dengan Anak, Bersama Paket Internet Cepat IndiHome

Sebagai orang tua jaman now pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan istilah bonding ‘kan?

Bonding adalah hubungan yang terbentuk antara orang tua dengan anak. Semakin erat bonding tercipta maka akan semakin bagus untuk perkembangan anak, terutama perkembangan psikis dan emosinya.

“Manfaat bonding banyak sekali, ketika anak lebih siap beradaptasi dengan lingkungannya, anak juga lebih berani, lebih mandiri, juga lebih bisa belajar banyak hal, dibandingkan dengan yang diam saja, nggak percaya diri untuk mencoba banyak hal, akhirnya kesempatan belajarnya juga lebih sedikit." - Chitra Annisya M.Psi (Psikolog Anak)
Salah satu cita-citaku saat menjadi orang tua adalah bisa menciptakan hubungan yang erat dengan anakku yaitu Rhe, anak perempuan pertamaku yang sebentar lagi akan menginjak usia 4 tahun. Nggak hanya sebagai orang tua aku juga ingin menjadi sahabatnya, tempat ternyamannya berkeluh kesah, tempatnya kembali pulang saat ia sudah penat dengan dunia luar.

Selain itu aku juga ingin menjadi sosok yang pengertian sekaligus tegas, untuk mewujudkan hal tersebut tentu bukan hal yang mudah, banyak perjuangan yang harus kami lewati bersama. Karenanya dengan dukungan Paket Internet Cepat IndiHome, kami bisa melakukan aktivitas seru agar bonding yang terjalin di antara kami semakin erat.

Pengaruh Bonding yang Kuat untuk Kehidupan Anak Kelak

Ikatan anak dan orang tua ternyata nggak hanya berpengaruh pada saat ini, tetapi juga pada masa depannya. Dan sayang sekali banyak orang tua yang nggak menyadari hal ini.

Anak tidak mudah cemas

Ikatan yang kuat antar orang tua dan anak akan menciptakan rasa aman, sehingga akan berdampak positif terhadap perkembangan emosi, sosial, dan kognitif anak selanjutnya.

Dan sebaliknya jika bonding yang terjadi terlalu lemah, anak bisa merasakan kecemasan, karena nggak ada sosok yang akan membuatnya tenang di saat tertentu, merasa nggak aman, hingga mudah merasa insecure.

Anak bahagia akan memiliki mental yang lebih kuat

Orang terdekat anak adalah keluarga, sebagian besar masa kecil anak dihabiskan bersama orang tua. Jadi hubungannya dengan ayah ibu atau orang terdekatnya akan menentukan kebahagiaannya.

Anak yang bahagia akan memiliki mental yang lebih kuat dan lebih mudah menghindari stress di masa depan. Seperti yang kita tahu, fase dewasa bukanlah fase yang mudah. Butuh mental baja untuk menjalaninya dengan baik.

Membentuk karakter anak

Untuk aku pribadi menjadi orang tua itu memiliki tantangan tersendiri, dan kita harus berjuang melewati semua prosesnya dengan baik. Apalagi tanggung jawab terbesar kita adalah membentuk karakter anak, semua hal yang kita lakukan kepadanya, yang kita perlihatkan sewaktu mereka kecil, akan membentuk karakternya di masa depan.

Rumah adalah tempat dominan di mana anak tumbuh. Pengaruh lingkungan memiliki peran besar dalam hal pembentukan karakternya.
Dengan bonding yang kuat dan lingkungan yang baik, akan menentukan orang seperti apa anak kita tumbuh kelak.
Semoga, kita semua bisa menjadi orang tua terbaik untuk anak-anak kita ya.

Ide Aktivitas Seru untuk Memperkuat Bonding dengan Anak

Untuk mempererat hubungan dengan anak, pertama kamu harus meluangkan waktu khusus dulu bersamanya. Tanpa interupsi dan sepenuhnya hadir untuk anak. Nggak perlu lama-lama, anak hanya ingin perhatian kita sejenak agar ia merasa berharga. Dan nggak terus-menerus merasa terabaikan.

Nggak hanya kerjaan saja yang utama.
Nggak hanya hangout dengan teman atau nonton drakor saja yang seru.
Nggak hanya pasangan saja yang penting.
Tapi anak juga memerlukan kehadiran kamu meski hanya sejenak.

Dan ini adalah kegiatan yang sering aku lakukan dengan Rhe, untuk mempererat bonding di antara kami.

Nonton Film Kesukaan

bonding dengan anak


Apa film kesukaan anak? 

Nggak ada salahnya lho, kita nonton bareng, tertawa bareng, sedih bareng, kemudian diskusi bareng tentang film tersebut. Apalagi sekarang banyak layanan streaming dengan kualitas gambar yang jernih, membuat aktivitas menonton bareng anak jadi lebih seru!

Ditambah dengan dukungan Paket Internet Cepat bisa bikin acara nonton kamu dengan anak makin asyik!

Kalau Rhe suka sekali dengan film Frozen, dia takjub dengan Elsa yang memiliki kekuatan es, Sven si rusa yang lucu, dan tokoh favorit Rhe adalah Olaf. Manusia salju yang tingkahnya suka bikin ketawa.
Selain membangun hubungan yang kuat, kita juga bisa mengenalkan empati pada anak. Diskusikan dengan anak, adegan mana yang membuat emosinya bergejolak. Contohnya seperti saat Anna yang sedang sekarat tetapi tetap memilih menolong Elsa daripada menyelamatkan dirinya sendiri.

Dengan mengenalkan empati, anak juga akan lebih berempati, mengenal emosinya sendiri, dan menghargai perasaan orang lain.

Jalan-jalan di Sekitar Rumah

google maps


Ngajak anak jalan nggak perlu jauh-jauh, cari aja di google maps dengan keyword “Tempat Wisata Terdekat” maka akan muncul berbagai tempat hangout terdekat yang bisa menjadi referensi jika kamu ingin mengajak si kecil jalan-jalan.

Sesekali keluar rumah, dengan suasana yang baru dan udara luar akan memberikan suasana berbeda untuk si kecil, dan juga orang tua bisa melepas penat sejenak.

Memasak Makanan Favorit Bersama

mempererat bonding anak dan orang tua


Memasak adalah salah satu kegiatan favorit anak-anak, karena mereka akan bermain dengan berbagai tekstur bahan makanan dan memainkannya.

Meski memang akan lebih berantakan, memakan waktu lebih lama, dan lebih banyak cucian piring. Tapi percayalah manfaat yang akan anak dapatkan sepadan. Nggak hanya memperkuat bonding, aktivitas memasak bersama juga akan melatih motorik kasar si kecil. 

Biasanya aku melakukan hal ini dengan mencari resep masakan yang Rhe inginkan di internet, kemudian mempraktekannya bersama.

Meski kadang masakan kami gagal, tapi kami menikmati waktu kami bersama, hehe

Pilih Provider Internet Terbaik

Untuk menunjang aktivitas bonding yang kamu lakukan dengan si kecil tetap fun dan lancar tanpa hambatan, kamu harus selektif saat memilih layanan internet. Jaringan yang aman, lancar, dan stabil akan menentukan kenyamanan kamu dan keluarga saat menggunakannya.

Apalagi jika kondisi lagi ingin menciptakan bonding yang kuat dengan anak, eh, internet lemot, atau pas lagi nonton film sedang seru-serunya malah macet-macet kayak kaset rusak. Duh! Sudah tentu itu bisa merusak mood banget, ya.

sumber gambar: indihome.co.id

Karenanya sebagai referensi internet cepat kamu bisa memakai layanan Paket Internet Cepat IndiHome dari Telkom Indonesia. Koneksinya yang ngebut membuat kegiatan kamu bersama keluarga lebih menyenangkan. 

Sebagai penyedia layanan internet terbaik dengan jangkauan terluas hingga ke pelosok Indonesia, IndiHome memberikan berbagai pilihan Paket Internet Cepat yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan bisa kamu akses di https://www.indihome.co.id/.

Semangat untuk menciptakan bonding yang utuh dengan si kecil, ya!

Semoga anak-anak kita nantinya memiliki karakter yang tangguh untuk menghadapi dunia!

Semangat!







Sumber referensi tulisan:
  • https://id.theasianparent.com/bonding-time
  • https://fk.ui.ac.id/infosehat/9-manfaat-bonding-dengan-anak-baik-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental/ 
  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1700/pengaruh-bonding-orangtua-terhadap-kemandirian-anak#:~:text=Bonding%20yang%20dilakukan%20diawal%20kehidupan,sosial%2C%20dan%20kognitif%20anak%20selanjutnya 
  • https://www.indihome.co.id/ 

18 komentar untuk "Ide Aktivitas Seru untuk Memperkuat Bonding dengan Anak, Bersama Paket Internet Cepat IndiHome"

Comment Author Avatar
Menag gak lucu juga sih kalau pas main game di internet bareng anak trus ngelag karena internetnya lemot. Haha...yang ada nanti si anak malah tantrum dan merusak suasana bonding ya. Bersyukur ada IndiHome si Internet cepat
Comment Author Avatar
untung ada koneksi internet cpat ya, aktivitas menjalin bonding dengan anak dengan nonton bareng pun jadi lancar. Ga ada deh istilah nge-lag ketika nonton film kartun kesukaan anak
Comment Author Avatar
Anak sulung saya senang masak dan akhir-akhir ini sudah mulai bisa cari sendiri referensi resep yang dia mau coba kita masak bareng. Bener sih dibutuhkan koneksi indihome yang lancar.
Comment Author Avatar
setuju mbak, bonding dengan anak harus dibina terus. Menciptakannya juga bisa melalui berbagai kegiatan bersama
Comment Author Avatar
Boleh juga nih ide kreatifnya. Jadi tidak melulu dampak teknologi seperti TV Digital, koneksi internet cepat seperti yang disediakan IndiHome itu menjadi momok menakutkan bagi anak-anak.

Kalau Orangtua pandai memaksimalkan dan menggunakan dengan kreatif, malahan bisa mendukung kemajuan anak juga yah, kak?
Comment Author Avatar
Bonding dengan anak emang hal yang penting ya mba. Relate sih, begitu saya lost moment bonding kerasa gitu ada jarak. Makanya harus continyue ya. Apalagi udah ada jaringan internet Dirumah, kegiatan bonding jadi lebih bervariasi
Comment Author Avatar
Bonding bersama anak2 juga asik bisa dilakukan dari rumah yaa, seperti menonton film bareng. Banyak banget aktivitas yang dilakukan apalagi didukung oleh internet cepat seperti IndiHome ini, benar2 mengerti kebutuhan kita IndiHome deh.
Comment Author Avatar
Aku idem sama kamu, Mbak. Indihome ini memang bisa banget digunakan untuk bangun bonding ibu dan anak melalui nonton bareng tontonan favorit si kecil.
Comment Author Avatar
Nonton film kesukaan jadi bonding yang asik sih memang. Soalnya ponakan daku yang masih balita suka begitu, "Aunty temenin nonton Ade nonton," wkwkwk
Comment Author Avatar
Seruu ya pastinya main dan nonton bareng anak cuma di rumah aja. Untung ada paket internet cepat dari IndiHome, jadi gak perlu selalu keluar rumah untuk mengeratkan bonding bareng anak, ya, Mbakk..
Comment Author Avatar
Internet yang cepat membuat hati lebih happy ya. Keluarga semakin erat karena nyaman beraktivitas bersama, kaya nonton streaming bareng!
Comment Author Avatar
Aku sama anakku tuh sukaaaa banget nonton bareng, jadi kita emang butuh koneksi internet yang stabil karena skrg kan nonton film pasti streaming di aplikasi kan. Kalau koneksinya gak stabil dan jelek, resolusi gambarnya pun jadi gak bagus dan dikit-dikit loading. Jadi gak seru suasananya
Comment Author Avatar
dengan internet cepat, kegiatan nonton secara online akan berjalan lebih menyenangkan yaa dan tentu hal ini akan lebih memperkuat bonding antara anak dan orang tua
Comment Author Avatar
Manfaat internet ternyata tidak hanya membantu mencari referensi,namun bisa membantu membangun kedekatan dan kelekatan dengan keluarga, khususnya anak ya. Sebagai orang tua harus memaksimalkan penggunaan internet untuk mendukung tumbuh kembang si kecil
Comment Author Avatar
Bener banget ya Mba kalau anak bisa punya bonding atau kedekatan dengan ortunya biasanya lebih stabil secara mental. Aktivitas yang sering saya lakukan bersama anak biasanya jalan pagi keliling kompleks atau nonton bareng acara kesukaannya
Comment Author Avatar
Dari pengalaman saya dengan orang tua saya, khususnya ayah saya, untuk memperkuat hubungan biasanya dengan melakukan kegiatan bareng, seperti dengan ayah saya yang hobi memancing, seringkali setiap minggunya, kami pergi berdua memancing di sungai atau tempat pemancingan. Kalau dengan ibu, biasanya lebih condong ke arah masak-masak, biasanya saya bantu ibu saya dalam memotong cabe, bawang, atau menjaga mesin mixer pembuat roti ketika sedang membuat roti. Namun untuk produksi di dapur, sampai gede pun saya jarang bgt diperbolehkan ikut bantu oleh ibu saya wkwk
Comment Author Avatar
Melihat kasus yang marak akhir-akhir ini, memang bonding dengan anak itu penting banget dilakukan. Agar disetiap momen selalu ada orang tua disebelahnya, termasuk ketika anak sedang bermain game. Maklum kondisi anak sekarang rawan banget terpapar sisi negatif gadget jika orang tua tidak selalu membersamainya.
Comment Author Avatar
Yg paling sering aku lakuin bonding dengan anak ini, pertama nonton film bareng pakai aplikasi film yang tentunya disupport oleh indihome juga biar ga buffering 😄👍. Kedua, setahun sekali minimal aku ngajakin anak2 traveling. Tapi biasanya aku selalu melibatkan mereka ketika menyusun ITIN mba. Caranya ya browsing bareng tempat2 wisata di negara tujuan. Trus kami diskusiin dulu bakal menarik atau ga kalo kesana. Pastinya lagi2 sangat terbantu dengan dukungan indihome yg stabil jaringannya.

Dipikir2 aku udh lama bgt pake ini. Sejak awal nikah. dari harga langganan masih murah, sampe skr makin naik, tapi ttp ga nyesel Krn jaringannya stabil dan kuat 👍👍. Even cuaca JKT yg lagi jelek banget gini, ttp aja lancar jaya kok