Pengalaman Membersamai Anak Ketika Terdiagnosa TB Paru

Hai pembaca ingoldlife.com? Apa kabar?

Kali ini aku mau cerita, bagaimana anakku Rhe bisa positif TB Paru. Perjalanan yang sangat panjang, melelahkan, tapi harus tetap dilewati dengan baik.

Oke, aku mau cerita dari awal dulu ya. Rhe itu dari bayi jarang sekali batuk. Sampai usianya 3 tahun hampir 4 tahun waktu itu Rhe cuma batuk 2 kali. Saat usianya 9bulan batuk 3 hari, dan waktu terdiagnosa TB Paru sekarang ini. Jarang sekali kan? Bisa dibilang sebelum terkena TB Paru Rhe batuk cuma sekali aja pas usia 9 bulan itu.

Kemudian batuk yang kedua, dia kalau batuk sampai muntah, wajah berubah merah, dan batuknya itu pasti setiap malam, sampai setiap hari aku ganti seprei karena terkena muntahan terus. Sampai akhirnya aku taruh wadah kecil di kamar untuk Rhe ketika muntah.

Sudah aku bawa ke beberapa dokter anak, ke puskesmas juga, tapi sembuh cuma 1-2 minggu. Setelah itu batuk lagi. Dan begitu terus berulang selama 2-3 bulan.

Aku sama suami sudah curiga kalau ada yang nggak beres nih. Soalnya kok batuk terus, padahal sudah ke dokter, anaknya juga nggak jajan aneh-aneh. Jadi kami memutuskan untuk rontgen mandiri ke rumah sakit, karena minta rujukan ke puskesmas nggak dikasih, yaudah kami biaya sendiri ke RSUD Wonogiri.

Alhamdulillah, di sana ditangani oleh dr Khairunissa Wardani sp.A, beliau sangat tanggap dengan keluhan pasien, memeriksa dengan teliti, dan memberi pertanyaan kepada orangtua untuk menegakkan diagnosa.

Kemudian tanpa aku minta, dr Nisa sudah menganjurkan untuk rontgen. Masyaallah tabarakallah. Dan yang bikin aku takjub lagi, beliau menanyakan kenapa nggak pakai BPJS? Kemudian aku jawab apa adanya. Dan beliau membuatkan surat pengantar ke puskesmas agar diberikan rujukan agar bisa memakai BPJS untuk kontrol selanjutnya.

Jadi hari itu kami rontgen, tapi bisa dibaca pada kontrol selanjutnya.

Hasil Rontgen dan Tes Mantoux

Ketika melihat hasil rontgen Rhe, rasanya kaget. Karena memang ada kemungkinan positif TB Paru. Pulang dari rumah sakit aku ngajak Rhe jalan ke Playground biar dia seneng. Tapi saat menemani dia main, rasanya air mata netes sendiri. Meski udah sekuat tenaga aku tahan tapi tetap saja membayangkan kemungkinan terburuk yaitu Rhe positif TB Paru rasanya nggak kuat.

Hingga aku cerita pada salah satu teman yang juga merupakan tenaga medis. Kemudian temanku itu menyarankan minta Tes Mantoux untuk menegakkan diagnosa. Jadi nggak hanya dari hasil rontgen saja.

Singkat cerita pada kontrol berikutnya, ketika dr. Nisa melihat hasil rontgen beliau berkata, "Ibu ini hasil rontgen adek, flek di paru-parunya tebal sekali. Langsung kita lakukan Tes Mantoux ya biar lebih pasti. Walau dari hasil rontgen saja ini sudah pasti, tapi kita harus memastikan lagi."

Lagi-lagi sebelum aku minta, dr. Nisa sudah menyarankan tindakan yang akan aku minta. Iya, beliau sedetail itu, meski sudah jelas dari hasil rontgen tetapi beliau tetap menyarankan Tes Mantoux.

Tes Mantoux TB Paru

Buat kamu yang belum tau apa itu Tes Mantoux, adalah sebuah skrining yang dilakukan untuk mendeteksi bakteri penyebab TB (Tuberkolosis) di dalam tubuh. Dengan cara menyuntikkan cairan di bawah kulit, kemudian perawat akan memberi tanda lingkaran di tempat cairan tersebut disuntikkan. Lalu dalam waktu 24-72 jam dokter akan memeriksa kembali, apakah terdapat reaksi berupa benjolan pada kulit tersebut.

Hasil Tes Mantoux TB Paru

Jika benjolan yang muncul lebih dari 10mm, maka pasien akan dinyatakan positif TB. Dan Rhe waktu itu hasilnya positif karena bentolnya lebih dari 10mm.


Penyebab TB Paru Pada Anak

Setelah mengetahui hasilnya yang positif tentu aku bertanya kepada dokter, "apa penyebab anak bisa terkena TB Paru?"

Dan jawaban dokter cuma satu, yaitu tertular dari orang dewasa. Sehingga orang rumah semua harus cek dahak untuk skrining, apakah ada yang positif TBC. Di rumah aku cuma tinggal sama nenek, dan kami melakukan cek dahak di puskesmas terdekat.

Kami diberikan wadah untuk dahak di pagi hari, lalu kemudian diantar ke puskesmas untuk dicek di lab. Setelah beberapa hari hasilnya keluar, alhamdulillah hasilnya negatif.

Lalu, Rhe tertular dari siapa? Ini masih menjadi misteri hingga hari ini. Karena penularan TB itu sangat mudah, yaitu melalui udara dari droplet batuk. Jadi kita nggak pernah tau darimana, karena bisa saja ketika pergi kita ketemu dengan penderita TBC lalu menularkan.

Apalagi Indonesia peringat kedua terbanyak penderita TBC setelah India. Dan setelah aku telusuri, ternyata banyak sekali anak-anak di lingkunganku yang pernah positif TB dan menjalani pengobatan selama 6 bulan juga.

Tapi perlu diingat ya, anak usia 10 tahun ke bawah tidak bisa menularkan. Jadi memang faktor utama penularan adalah dari orang dewasa.

Pengobatan dengan OAT Anak

Setelah terdiagnosa positif TB, Rhe harus minum obat OAT (Obat Anti Tuberkolosis) selama 6 bulan penuh, setiap hari, di jam yang sama, nggak boleh terlewat sekali pun. Karena jika terlewat akan mengulang dari awal. Aku sampai pasang alarm setiap hari agar tidak lupa.

Membayangkan Rhe harus minum obat setiap hari tentu aja bikin aku sedih dan nangis berhari-hari. Apalagi obat tersebut adalah golongan antibiotik. Bayangkan minum antibiotik selama 6 bulan penuh. Dan termasuk golongan obat keras. Ya Allah....

Jika bisa, rasanya aku ingin sekali menggantikan posisi Rhe, biar aku saja yang sakit, dan biar aku saja yang setiap hari minum obat. Tapi, tentu saja hal itu nggak mungkin.

Alhamdulillah, suami juga selalu menguatkan. Selalu support, dia bilang, "kamu jangan nyari-nyari di internet lagi bikin parno, bikin kamu kepikiran dan mikir yang nggak-nggak. Sekarang kita percaya aja sama dokter. Fokus dengan kesembuhan Rhe. Aku udah nyari tau, ternyata Indonesia ini ada banyak banget anak-anak yang terkena TB Paru, dan mereka survive, mereka nggak papa. Jadi yakin, Rhe pasti bisa melewati ini semua dengan baik. Apalagi Rhe adalah anak yang kuat. Makannya banyak, minum air putih banyak, yang kuat untuk Rhe, ya."

Tentu aja aku langsung pecah tangisku, huhu

Kami LDR, dia di Jakarta dan aku di Wonogiri. Tapi soal membersamai kami jangan ditanya. Terima kasih ya, Mas. Semoga kamu di sana juga sehat selalu. Aku di sini juga akan selalu kuat untuk jagain Rhe dan membersamainya melewati ini semua.

OAT Intensive Anak

Jadi, Rhe setiap pagi setelah bangun tidur akan minum 3 butir OAT. Alhamdulillah banget, Rhe itu tipe anak yang super gampang minum obat. Jadi nggak ada drama dan dia malah seneng.

OAT Lanjutan Anak

Cara minuminnnya juga gampang banget, 3 butir OAT dikasih air 2 sendok makan, nanti obatnya akan larut sendiri. 2 bulan pertama dikasih OAT Intensive berwarna merah, kemudian bulan selanjutnya dikasih OAT lanjutan yang berwarna kuning.

6 Bulan Kemudian

Setelah rutin minum obat selama 6 bulan full, tanpa bolong. Akhirnya tiba saatnya untuk rontgen ulang. Untuk melihat hasil dari pengobatannya. Di sini aku berdoa, agar kondisi paru Rhe membaik dan pengobatan cukup 6 bulan saja.

Kami sengaja daftar online dulu dan datang pagi-pagi agar bisa rontgen pagi dan hasilnya langsung dibacakan oleh dokter. Nggak perlu cemas lagi nunggu hasilnya berhari-hari.

Ternyata Tuhan ingin kami untuk berusaha dan ikhtiar lebih. Alhamdulillah, hasilnya sangat membaik. Dokter membandingkan hasil rontgen pertama dan kedua sangat berbeda sakali. Rontgen pertama flek sangat tebal, dan yang kedua sudah menipis tapi masih ada.

Jadi pengobatan dilanjutkan 3 bulan lagi agar tuntas. Nggak papa, kami sudah melewati 6 bulan dengan baik, 3 bulan lagi pasti kami jalani dengan baik juga. Bismillah....

12 komentar untuk "Pengalaman Membersamai Anak Ketika Terdiagnosa TB Paru"

Comment Author Avatar
Semoga lekas sembuh Rhe
Comment Author Avatar
Semoga ananda lekas pulih ya mbak, perjuangan panjang untuk penyembuhan TB, alhamdulillah ananda mau bersabar melewati prosesnya, peluk dari jauh ya
Comment Author Avatar
Semoga hasil periksa berikutnya negatif dan segera sehat untuk Rhe. Semoga Allah kuatkan juga untuk Mbak selama menjalani ini. Terima kasih sudah berkenan sharing. Saya baru tau kalo Indonesia peringkat kedua terbanyak penderita TBC
Comment Author Avatar
Semangat ya mba. Adikku dulu juga pejuang TB gini. Nggak boleh bolong, biar nggak ngulang.
Comment Author Avatar
Masya Allah..perjuangan sekali ya mbak.. semoga lekas sembuh dan bisa beraktivitas normal lagi ya
Comment Author Avatar
Semoga si kecil lekas sembuh ya mba.... Paling ga kuat kalau lihat anak sakit. Jaga kesehatan juga ya mba....
Comment Author Avatar
Subhanallahu..
Kuat yaa, ka.. In syaa Allaah segala ikhtiarnya menjadi kebaikan dan kesehatan untuk ananda Rhe.

Kemarin mbak ipar saya juga treatment TB, ka..
Sama, gejalanya batuk yang gak kunjung mereda. Reda sebentar, trus sakit lagi. Jadi alhamdulillah, ketauan dan segera bisa menjalani pengobatan.

Semoga dimudahkan selalu yaa, ka.
Comment Author Avatar
Alhamdulillah sudah membaik, ya. Semoga pengobatan yang tiga bulan juga berjalan dengan baik dan hasilnya nanti bisa negatif. Teman-teman anak saya juga ada beberapa yang terkena TB, alhamdulillah mereka survive, mereka baik-baik saja.
Comment Author Avatar
Semoga adik Rei segera sehat lagi yaa. mmg sedih banget mba klo liat anak sakit, aplagi klo sampai berbulan@. semoga kesabarannya jd pahala ya mba.
Comment Author Avatar
Semoga Rhe sgera pulih sempurna ya Kak. Alhamdulillah 6 bulan pengobatan terlewati. Tinggal memaksimalkan sisanya agar TB gak balik lagi. Semangat kak..
Comment Author Avatar
Anakku dua2nya kena TB paru, mbak. Si sulung dulu kena saat dia udah sekolah di PAUD, sekitar usia 3 tahun. Pengobatan 2x 6 bulan, Alhamdulillah sembuh. Eeehh ketika umur 6 tahun, lha kok kambuh lagi. Pengobatan setahun lagi. Ya Allah... jangan ditanya gimana rasanya ya mba... sedih dan kesian sama si bocah, minum obat terus menerus.

Yang nomer 2 kena TB paru juga, ketularan dari ART kami. Yang kedua ini malah lebih lama pengobatannya, udah 3x 6 bulan masih blm bersih paru-parunya. Oleh klinik khusus TB diminta untuk berhenti saja. Tidak apa2 kata dokternya. Nanti seiring bertambahnya usia dan diperbanyak konsumsi protein, virusnya akan melemah.

Alhamdulillah sekarang dua2nya udah dewasa dan remaja. Insya Allah sehat dan kuat. Begitu juga dengan Rhe... sehat selalu ya Nak.
Comment Author Avatar
duh kalau anak kena TB itu nyesek banget ya, mbak soalnya pengobatannya lama dan harus disiplin banget. dan tb ini juga salah satu yang bikin bb anak susah naik. sejujurnya aku pengen juga nih memeriksakan anakku tapi takut euy. huhu