[Book Talk] Republik Naga (Buku ke-2 The Poppy War) Karya R.F. Kuang

 Akhirnya bisa lanjut baca kisah Rin lagi. My favorite girl!!!!!

Buku pertama yaitu Perang Opium atau The Poppy War sukses bikin aku terpesona dengan kisah Fang Runnin yang begitu berliku. Dan akhirnya aku berkesempatan membaca Republik Naga atau The Dragon Republic yang merupakan sequel atau buku ke-2-nya.

Pastinya petualangan Rin semakin seru di buku ke-2 ini.

Blurb Republik Naga 

Novel Republik Naga R F Kuang

Kisah Rin berlanjut dalam sekuel Perang Opium ini— fantasi epik yang menggabungkan sejarah Cina abad ke-20 dengan dunia dahsyat tempat para dewa dan monster.

Tiga kali negara Nikan bertempur dalam Perang Opium yang bersimbah darah. Rin—sang syaman dan pejuang—dicengkeram rasa bersalah dan tak dapat melupakan tindakan keji yang dia lakukan demi menyelamatkan rakyat.

Gadis itu bertekad membalas dendam pada Maharani yang mengkhianati tanah airnya. Satu-satunya cara adalah bergabung dengan Panglima Perang Naga, yang ingin menaklukkan Nikan, menggulingkan Maharani, dan mendirikan republik baru.

Namun Maharani dan Panglima Perang Naga tidaklah seperti yang dikira gadis tersebut. Semakin banyak yang dilihatnya, semakin Rin takut bahwa cintanya pada Nikan akan memaksa dia menggunakan lagi kekuatan dahsyat Phoenix.

Sebab Rin rela mengorbankan apa saja untuk menyelamatkan negeri itu... dan membalaskan dendamnya.

Review The Dragon Republic - Republik Naga

Kayaknya review kali ini bakal lebih emosional, hehe

Karena memang sekuel ini emosional banget! Buku ini melanjutkan perjalanan Rin setelah Perang terjadi antara Nikan dan Federasi. Dimana Rin menjadi pemimpin Cike menggantikan Altan. Sumpah sih, Rin itu nggak cocok banget jadi pemimpin. Dia itu masih polos, labil, dan plin-plan!

Jadi memang sama karakter Rin ini aku kayak semacam kadang suka, kadang benci, kadang geregetan!

Pertama Rin memang masih masih remaja, usianya masih di bawah 20 tahun, sekolah juga belum lama, tiba-tiba sudah menjadi pemimpin pasukan spesial yang mengharuskannya berpikir cepat, bijak, dan bertanggungjawab. Tapi semua itu sayangnya nggak ada pada diri Rin. 

Rin hanyalah remaja pada umumnya. Egois, labil, plin-plan! Sekali lagi ya, plin-plan! Dan bahkan belum bisa mengendalikan kekuatannya.

Oke tarik napas dulu, hehe

Misi Rin dalam buku ke-2 ini adalah membebaskan rakyat dari perang dengan cara membalas dendam kepada Sang Maharani. Pemimpin Nikan yang dianggapnya kejam, mengorbankan rakyat, dan hanya mementingkan kepentingan politik yang menguntungkannya saja.

Untuk mencapai hal itu Rin bergabung dengan Republik Naga yang dipimpin oleh Panglima Perang Naga yaitu Vaisra yang merupakan ayah Nezha. Ia bergabung karena Republik Naga menjanjikan pemerintahan demokrasi untuk rakyat Nikan. Begitulah yang Vaisra katakan untuk mengajak Rin bergabung.

Tapi sayangnya Republik Naga ini berkoalisi dengan Hesperia, negara yang dulu juga pernah menjajah Nikan. Hesperia memiliki teknologi yang canggih untuk membantu Republik Naga menguasai Nikan. Sebagai imbalan Hesperia ingin menyebarkan agamanya kepada penduduk Nikan.

" Aku akan mengubah Kekaisaran menjadi sebuah republik-republik yang hebat, berdasarkan kebebasan individual manusia. Sebagai ganti para Panglima Perang, kita akan memilih pejabat-pejabat. Sebagai ganti seorang Maharani, kita akan punya parlemen, diawasi oleh presiden terpilih."

Tapi tentu saja, semua itu merupakan kamuflase dan janji politik pada umumnya, yang ketika tujuan telah tercapai mereka semua melupakan janji awal.

"Satu-satunya yang permanen mengenai Kekaisaran ini adalah perang." - Rin

Hingga Rin banyak sekali mengalami kehilangan, orang-orang berharga, dan mengetahui tujuan sebenarnya Sang Maharani.

Rin kembali diperalat dan dijadikan senjata karena memiliki kekuatan shamanisme yang nggak semua orang punya. Rin dapat mengendalikan Api dan menciptakan Api dari dalam tubuhnya.

"Kita menghabiskan seumur hidup mengejar ilusi yang kita pikir nyata, hanya untuk menyadari bahwa kita ternyata bodoh, dan jikalau kita menggapai lebih jauh lagi, kita bakal tenggelam." - Suni

Pas baca buku ini aku beberapa kali nangis, karena pengorbanan Rin untuk Republik Naga itu nggak main-main. Tapi endingnya Rin malah dikhianati oleh orang yang sangat disayanginya, huhu

Aku nggak mau kasih kalian spoiler, jadi kamu harus banget baca buku ini. Tapi seperti biasa, harus kuat dengan kekerasan, peperangan, kekejian politik, dan masih banyak banget hal mengerikan yang terjadi dalam buku ini.

P.S. Aku nggak mau ngomongin Nezha atau Kitay karena aku mau ngomongin mereka di buku ke-3 nanti yang nggak kalah seru! So, stay tuned!

Detail Buku

Judul Buku: The Dragon Republik (Republik Naga)
Penulis: R.F. Kuang
Alih Bahasa: Angelic Zaizai
Editor: Meggy Soejatmiko
Ilustrasi dan desain sampul: David Ardinaryas Lojaya
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-06-4821-7 (PDF)
656 halaman, 23cm

20 komentar untuk "[Book Talk] Republik Naga (Buku ke-2 The Poppy War) Karya R.F. Kuang"

Comment Author Avatar
Harga buku dragon republic berapaan ka? Biasanya buku yang sudah dialihbahasakan ke b.indonesia lebih mahal, diatas 100k gitu ya.

Sekuel buku ini ada berapa ka totalnya? 2 aja kah sampai dragon republic?
Comment Author Avatar
Buku ini kayanya segmen pembacanya terutama remaja ya. Pesan yang saya tangkap adalah seberapa hebat kemampuanmu tapi dirimu belum siap, belum dewasa, masih polos. Carilah mentor, coach, pembimbing yang mungkin secara skill gak sehebat dirimu tapi dia jauh lebih dewasa dan matang mentalnya.
Comment Author Avatar
Aku udah lama banget nih ga baca buku. Btw tuk buku Republik Naga ini genrenya fiksi gitu ya kak, kayaknya seru juga ya baca buku ini buat ngisi waktu luang.
Comment Author Avatar
Buku-buku fantasi yang biasa dibaca sama anak-anak murid saya nih. Saya sendiri kurang tertarik dengan genre-genre seperti ini menurut saya kurang relate dengan kehidupan secara langsung. Walaupun kalau dipahami pasti ada sih kaitannya.
Comment Author Avatar
Waaah...baru membaca sedikit saja sudah sangat penasaran dibuatnya. Sepertinya sangat menarik nih buku ini.. Terima kasih sharing info ttg buku ini ya ..
Comment Author Avatar
Demen banget cerita fantasi begini tapi setelah liat halamannya, ya ampun Mbak saya mundur.
Comment Author Avatar
sepertinya seru juga ya membaca buku ini. buku politik perang dan kekerasan bisa bikin kita geregetan, emosi dan sedih juga. terimakasih rekomendasinya.
Comment Author Avatar
Menarik sekali kisah Republik Naga ke 2 ini, kisahnya penuh dengan semangat ya, dan penuh dengan inspirasi dan pelajaran lain.
Comment Author Avatar
Penasaran sama ceritanya. Udah lama banget ga baca buku untuk hiburan. Saya tandai di wishlist. Makasih ya ulasannya.
Comment Author Avatar
Setelah saya baca artikel kakak, wah parah banget jadi makin penasaran pengen baca buku ini
Comment Author Avatar
Lihat cover-nya aja menarik banget ya kak, ah andai ada di toko buku dekat rumah
Comment Author Avatar
Wah aku suka banget cerita petualangan seperti ini
apalagi sekuel biasanya ceritanya kompleks dan detail
btw ini baru ke dua apa ada lanjutannya lagi mba?
Comment Author Avatar
Baca review buku Republik Naga ini bagi saya agak membingungkan yah, kayaknya harus dimulai dengan membaca buku pertama yaitu Perang Opium. Supaya ngerti awal mula dan alur ceritanya.
Comment Author Avatar
"Republik Naga (The Dragon Republic)" seru banget! Kisah Rin yang penuh konflik, pertempuran epik, dan intrik politik bikin nagih. Cocok buat yang suka fantasi dengan bumbu aksi. Makin penasaran!
Comment Author Avatar
oh ini cerita fantasi, makanya kok namanya republik naga. perjuangan Rin begitu mulia sekali ya, sampai tidak ada balasan baik untuk dirinya
Comment Author Avatar
Riin..
Aku jadi inget kancah perpolitikan Indonesya.
Agaknya memang politik dimana-mana sama yaa.. Penuh dengan ketidakpastian dan janji.
Tapi overall, meskipun aku belum baca buku The Dragon Republik, aku menikmati sekali resensinya.
Comment Author Avatar
Jadi ada buku ketiga lagi nih?
Wah biar enak baca yang dari awal terus ini biar asik ke yang ketiga ya
Comment Author Avatar
Gak kebayang beban yg harus dibawa Rin utk menjadi pemimpin, pdhl usianya masih belia. Wajar sih klo karakternya masih plin plan bgtu. Nampaknya buku ini kalau dijadiin live action sepertinya bakalan seru ya kak.
Comment Author Avatar
Aku punya temen yang suka banget cerita fantasi seperti ini. Sepertinya bakal aku rekomendasikan ke dia nih. Pasti suka banget dia nemu buku bagus.
Comment Author Avatar
Klo mo baca buku ini harus baca buku yg seri pertama ga? Penasaran jg pengin baca ceritanya. Kayaknya Kayaknya menarik.