Kelebihan dan Kekurangan Granit untuk Lantai Rumah

Gratis Pulau Dapur Kayu Coklat Dan Putih Foto Stok


Granit atau batu besi merupakan bahan material yang banyak digunakan untuk berbagai pembangunan bangunan, seperti rumah, kantor, gedung pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Umumnya, pemakaian batu besi dapat berupa dinding dan lantai. Batu besi terkenal dengan sifatnya yang kokoh dan elegan.

Namun, selain banyaknya kelebihan batu besi, ada juga kekurangan yang patut Anda ketahui. Pada artikel di bawah ini, Anda akan mengetahui kelebihan serta kekurangan batu besi sebagai lantai. Terdapat juga rekomendasi SikaCeram®-180 GA TileFix sebagai lem keramik berbahan batu besi terbaik yang dapat Anda pilih!

Kelebihan Batu Granit untuk Lantai Rumah

Sifatnya yang keras dan kokoh menjadi alasan utama banyak orang memakai batu batu besi sebagai bahan bangunan huniannya. Selain itu, tampilan mewah dan elegan juga erat kaitannya dengan material satu ini. Simak berbagai kelebihan batu batu besi lainnya di bawah ini:

  • Kokoh dan Tahan Lama

Kelebihan pertama terletak pada sifat batu besi yang kokoh dan tahan lama. Material batu besi tahan terhadap segala jenis beban berat, benturan dan gesekan. Selain itu, batu besi juga memiliki pori-pori yang sempit alias daya serap air yang kecil.

Hal tersebut yang menjadikan batu besi tahan lama dan tidak mudah rusak. Kekuatan batu batu besi dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun jika perawatan yang dilakukan tepat. Hal ini tentu akan membuat biaya renovasi lebih rendah dan hemat.

  • Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Pemakaian material lantai batu besi sebagai bahan bangunan rumah dapat digunakan pada area indoor maupun outdoor. Kelebihannya, material ini tahan terhadap berbagai jenis cuaca ekstrem. Karena sifatnya yang tidak mudah menyerap air, contohnya air hujan, material lantai batu besi tidak akan mudah retak, lapuk ataupun pecah.

  • Tahan Terhadap Goresan

Kualitas material lantai batu besi sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain tahan terhadap cuaca ekstrem, material satu ini juga tahap terhadap goresan dan gesekan. Misal, jika Anda menggunakan material batu besi sebagai lantai, ada kemungkinan batu besi akan terkena gesekan furnitur rumah.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena apabila Anda menggunakan perekat keramik yang tepat seperti SikaCeram®-180 GA TileFix, maka perekatan material akan lebih awet dan tahan lama. Menggunakan lem keramik berkualitas tidak hanya mencegah goresan tetapi juga mencegah keramik kopong.

  • Perawatan yang Mudah

Kelebihan berikutnya yang dimiliki material granit adalah perawatan yang mudah. Untuk membersihkan lantai batu besi rumah Anda, cukup bersihkan permukaan dengan sapu dan kain pel. Namun, Anda wajib memerhatikan cairan pembersih yang digunakan.

Hindari pemakaian cairan pembersih yang bersifat abrasif. Karena walaupun batu besi bersifat kokoh, jika pemakaian cairan bersifat abrasif dilakukan terus menerus maka akan rusak dan memudar warnanya.

  • Motif Elegan dan Mewah

Sifat material batu besi yang terkenal kuat dan kokoh juga selaras dengan motifnya yang elegan dan mewah. Material lantai batu besi yang cenderung natural karena motif bebatuan indah menjadikan material ini lebih elegan dan sophisticated serta cocok untuk dipakai pada area mana saja.

Karena banyaknya variasi motif lantai batu besi, Anda dapat memilihnya sesuai dengan preferensi dan konsep rumah Anda. Misal, Anda cenderung memilih motif batu besi minimalis berwarna netral. Maka, motif batu besi seperti itu banyak ditemukan di toko material.

Gratis Meja Akhir Dekat Jendela Foto Stok

Kekurangan Batu Granit untuk Lantai Rumah

Kelebihan lantai batu besi sudah Anda ketahui, maka selanjutnya Anda wajib mengetahui kekurangan dari bahan material satu ini. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih material lantai rumah ini. Berikut ini kekurangan batu batu besi sebagai lantai rumah:

  • Bobot Material yang Berat

Kekurangan pertama terletak pada bobot material yang berat karena terbuat dari batu alam asli. Bobot yang berat menjadi salah satu kendala pada pemasangannya nanti karena butuh tenaga banyak dan kehati-hatian yang ekstra.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini Anda wajib menggunakan tukang yang ahli di bidang pemasangan batu besi. Selain itu, penggunaan perekat keramik lantai batu besi seperti produk rekomendasi SikaCeram®-180 GA TileFix juga penting untuk mencegah material lantai pecah.

  • Harga Relatif Tinggi

“Ada harga, ada kualitas!” Itulah yang cocok digunakan untuk menilai material batu besi yang digunakan sebagai lantai atau dinding. Material lantai batu batu besi terkenal dengan harganya yang relatif tinggi.

Hal ini karena bahan alami yang digunakan untuk membuatnya serta ketahanan material yang berbeda dengan bahan material lainnya. Maka dari itu, biasanya penggunaan material batu batu besi sebagai bahan bangunan rumah mewah atau menengah ke atas. 

  • Warna dan Motif Acak

Kekhasan material batu batu besi adalah motif dan warna yang indah dan elegan. Namun, hal tersebut dapat menjadi kekurangan, yang mana warna dan motif alami yang khas ini tidak dapat dibuat sama atau serupa. Sehingga Anda tidak dapat memilih potongan lembar batu besi dengan warna atau motif yang persis sama.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari material lantai batu batu besi yang mana sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Jika Anda ingin bangunan rumah Anda memiliki kualitas lantai terbaik, gunakan material batu batu besi. Dijamin tahan lama dan terlihat mewah!

Terlebih jika Anda menggunakan perekat keramik Sika, yaitu SikaCeram®-180 GA TileFix. Perekat ini sudah terbukti memiliki mutu terbaik sebagai perekat granit, keramik, marmer, mosaik, hingga batu alam. Penggunaan produk SikaCeram®-180 GA TileFix sebagai perekat keramik dinding dan lantai eksterior maupun interior memiliki berbagai keunggulan.

Pertama, daya lekat yang sangat baik dan cocok untuk material batu besi. Kedua, tidak hanya dapat diaplikasikan di area kering saja, SikaCeram®-180 GA TileFix juga dapat diaplikasikan cukup dengan menambahkan air – di area kering dan basah yang tidak terendam.

Keunggulan produk SikaCeram®-180 GA TileFix sudah tak dapat dipungkiri. Hal ini dikarenakan Sika merupakan pencetus produk waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah memiliki pengalaman hingga 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika berpengalaman menangani beragam proyek global. Salah satunya di Indonesia yakni proyek MRT. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap memiliki hunian rumah dengan lantai granit yang kuat menggunakan SikaCeram®-180 GA TileFix?  Maka dari itu, temukan detail lebih lanjut tentang produk tile adhesive di sini!


Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Granit untuk Lantai Rumah"