Baca Komik Sandi Nusantara, Mengenal Sains dan Budaya Jadi Lebih Asyik!

Semakin berjalannya waktu, semakin majunya teknologi, semakin lupa juga generasi muda dengan budaya Indonesia. Apalagi pada era globalisasi seperti saat ini, dengan mudahnya budaya asing memasuki Indonesia.

Berbagai tontonan dari luar yang kian diminati. Seperti drama korea, kpop, hingga musik-musik modern yang secara bebas bisa kita nikmati, menjadikan anak muda semakin melupakan identitas bangsa Indonesia yang melekat pada dirinya.

Bahkan anak-anak muda jaman sekarang banyak yang nggak bisa berbahasa Indonesia. Mempelajari budaya luar tentu saja sangat boleh, tetapi jangan sampai kita melupakan budaya kita sendiri.

Seperti di kampungku tinggal saat ini yaitu di Wonogiri, Jawa Tengah. Dahulu jika ada orang menikah banyak sekali ritual budaya yang harus pengantin lakukan, seperti siraman, midodareni, dan masih banyak lagi. Tetapi akhir-akhir ini, budaya tersebut mulai ditinggalkan.

Banyak pasangan muda yang malah mengadopsi resepsi ala barat daripada merangkul budaya di tanah kita sendiri. Padahal anak muda sebagai penerus bangsa adalah penerus budaya juga agar tetap lestari dan tidak punah hingga terus  dikenal generasi berikutnya.

Karenanya aku senang sekali ketika Komik Sandi Nusantara hadir, bisa menjadi pilihan bacaan untuk anak muda agar terus mengenal sains, matematika, dan budaya dengan cara yang menyenangkan. 

Komik Sandi Nusantara adalah karya Hokki Situngkir berkolaborasi dengan Riani Charlina dan Kris Yunita, menyuguhkan cerita bergambar dengan tema petualangan, sains, dan budaya.

Blurb Komik Sandi Nusantara


Baca Komik Sandi Nusantara


Setelah bangun dari tidurnya yang lelap, Sandi hanya mengingat namanya sendiri dan wajah sang ayah. Saat itu ia menemukan pesan dari ayahnya yang memintanya petualangan masuk ke dalam sebuah buku yang bisa mengembalikan seluruh ingatan dan jati dirinya. Mampukah Sandi mengembalikan semua itu? Atau ada hal lain yang disiapkan oleh sang ayah untuknya tentang nusantara.

“Ternyata banyak sekali yang belum kita ketahui, dan masih terlalu banyak ketidakpastian di dunia ini.”

Tentang Komik Sandi Nusantara

Di aplikasi membaca komik webtoon, Sandi Nusantara telah dibaca ratusan ribu kali. Hingga sekarang terdapat versi cetaknya.

Ini adalah tipe komik yang nantinya akan aku berikan untuk anakku agar ia baca. Diceritakan dari sudut pandang Sandi dengan petualangannya yang masuk ke dalam dunia buku, kemudian satu demi satu memasuki kehidupan masa lalu ayahnya yang bisa dibilang sangat tertarik pada Sains dan Matematika.

Sampulnya juga lucu dengan warna merah marun, font tulisan yang mirip dengan aksara jawa, hingga karakter utama berkaca mata yang sedang membaca buku. Sangat menggambarkan isi dari komik tersebut.

Penyampaian teori yang sederhana dan dekat dengan kehidupan kita terasa lebih segar, menarik, dan pastinya nggak bikin ngantuk saat membaca, hehe

Apalagi ilustrasinya juga bagus sekali, warna yang cerah, gambar yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri, terlebih untuk anak muda sekarang yang mulai melupakan budaya kita.

Sandi Nusantara bisa menjadi pilihan jika kamu ingin membaca Komik Petualangan, Komik Sains, atau bahkan Komik Budaya. Cara bercerita yang seru, komedi yang segar, akan membuat kamu betah membacanya.

Membaca Komik Sandi Nusantara nggak hanya memperoleh hiburan semata, tetapi juga pengetahuan sains, matematika, dan budaya yang dikemas secara apik. Sehingga aktivitas membaca sekaligus belajar terasa menyenangkan.

Jika kamu ingin Baca Komik Sandi Nusantara juga, kamu bisa beli di Tokopedia dan gunakan voucher XITY3CH7M4 untuk mendapat potongan harga 20%.

Quotes Favorit Komik Sandi Nusantara




"Kau tau anak muda, demi mencapai sesuatu yang lengkap, kita harus berani hidup bersama hal-hal yang tidak konsisten. Dan... barangkali juga sebaliknya. Kalau kita mau selalu konsisten, kita pasti akan selalu menemukan hal yang kurang lengkap di hidup ini." - Kurt Godel

"Padahal, kan, dunia kita ini bukan hanya hitam dan putih. Ada begitu banyak warna yang bisa kita pilih." - Ayah



"Cuma orang-orang pemalas yang berharap jalan hidupnya mudah." - Sandi

Detail Buku

Judul Buku: Sandi Nusantara
Karya: Hokki Situngkir
Cerita: Riani Charlina
Ilustrator: Kris Yunita
Penyunting: Zulkifli Fajri Ramadan
ISBN: 978-602-7829-74-9
Cetakan ke-1, Agustus 2023

14 komentar untuk "Baca Komik Sandi Nusantara, Mengenal Sains dan Budaya Jadi Lebih Asyik!"

Comment Author Avatar
Iya nih, biasanya kalau belajar sains, matematika dan budaya itu kayaknya berat gitu. Tapi kalau dibuat komik tentunya lain, karena dengan adanya gambar dan dibuat cerita jadi kita lebih mudah buat memahaminya. Keren nih komik Sandi Nusantara ini
Comment Author Avatar
eh ini ada loh di webtoon!
aku baca, tapi belum selesai
apa isinya sama ya?
mungkin garis besarnya sama, tapi cerita petualangannya berbeda!
Comment Author Avatar
Jleb banget nih quotenya, cuma orang pemalas yang berharap hidupnya mudah
Suka dengan ilustrasinya, jadi ingin baca juga, btw versi digitalnya dimana aja Kak?
Comment Author Avatar
Komik indonesia kualitasnya ekspor ya, bagus banget dari segi cerita, gambar dan cetakannya
Comment Author Avatar
Komik yg seperti ini nih yang harus banyak beredar di masyarakat. Agar anak-anak tidak lupa dengan budayanya. Belajar dengan cara mengasyikkan melalui komik ya.
Comment Author Avatar
Cuss cari bukunya biar segera baca nih..senang membaca mengenai budaya..bikin kita makin melek
Comment Author Avatar
Dahulu pas remaja, saya suka baca komik Detective Conan. Sampai sekarang rasanya belum tahu perihal komik buatan dalam negeri. Jadi, penasaran pengen tahu sensasinya. Ditambah, sepertinya alur cerita Sandi Nusantara ini menarik dan bikin penasaran.
Comment Author Avatar
Karya anak bangsa yang wajib didukung sih menurutku. Dari segi gambar dan cerita oke juga nih
Comment Author Avatar
Bagus banget buku ini, Kak. Dari hiburan kita juga bisa mendapatkan banyak pembelajaran. Kalau baca di aplikasi webtoon itu bisa sampai tamat atau hanya beberapa bagian, ya, Kak?
Comment Author Avatar
Semoga komik ini bisa menggugah kecintaan anak Indonesia pada budayanya sendiri dan tidak terlalu mengagung-agungkan semua yang berbau luar negeri, sedangkan negara kita sendiri punya keagungan budaya yang tak tertandingi.
Comment Author Avatar
Aku suka banget sama Komik Sandi Nusantara karena memberikan banyak insight baru mengenai hal-hal sederhana di sekeliling kita. Beneran jadi merenungi apa yang telah ada dan ternyata bisa dibahas dari sisi sains.
Comment Author Avatar
Wah menarik u/ dibaca komiknya, mana lengkap lagi...ada hiburan, pengetahuan sains, dan budayanya...ntappp
Comment Author Avatar
Bener banget quotesnya bagus sih, hidup emang penuh kejutan, jadi harus berteman dengan hal seperti itu
Comment Author Avatar
jangankan budaya, saat ini jajanan aja lebih banyak jajanan ala drakor dibanding jajanan nusantara hihi. Yups, biasanya kalau disajikan secara visual apalagi komik jadi mudah dipahami ya, dengan alur cerita yang menyenangkan juga pastinya