Review Novel Romance is Not For Its Folks Karya Ayu Welirang

Ketika kehidupan nyata lagi suntuk-suntuknya, rasanya pengen banget mengalihkan pikiran ke sesuatu yang ringan. Jadi aku nyari novel romance ringan di Gramedia Digital, dan tertarik dengan Romance is Not for Its Folks karya Ayu Welirang.

Apalagi ceritanya berlatar karyawan kantoran, jadi sekalian deh pengen nostalgia ngantor lagi. Soalnya sekarang sudah jadi full time ibu, hehe

Blurb

Novel romance
sumber gambar: goodreads
Erika Pramudia: 28 tahun, DevOps Engineer, doyan lembur, malas punya hubungan cinta (apalagi dengan kolega kerja).

Panca Pramana Putra: 31 tahun, Full Stack Engineer, sering dipanggil P3, pendiam, tidak suka sosialisasi.

Lando Nandiko: 36 tahun, VP of Engineering, duda susah move on, dan terus mengejar Erika.

Ketiganya bertemu dalam sebuah proyek integrasi antara startup e-commerce dengan e-wallet. Erika yang cuma staf, mau tak mau harus bertemu lagi dengan Lando sebagai atasan barunya.

Di samping itu, Erika mulai penasaran dengan kolega kerjanya bernama Panca, sejak tak sengaja bertemu ibu Panca dalam kondisi yang memprihatinkan. Tampaknya Panca bukan sembarang lelaki. Setidaknya, bukan seperti kebanyakan lelaki yang pernah Erika kenal.

Di tengah-tengah rutinitas kerja dan tekanan, Erika malah mengalami kasus penguntitan di kantor bahkan sampai ke rumahnya. Erika bertanya-tanya, apakah kehidupannya sebagai karyawan startup akan selamanya begini? Terpenjara work-life balance yang buruk dan kehidupan personal yang rumit...

Review Novel Romance is Not For Its Folks Karya Ayu Welirang

Setting utama cerita ini adalah perkantoran, sangat detail sekali penggambaran suasana kantornya. Aku sebagai pembaca yang juga merupakan mantan karyawan kantoran di perusahaan IT juga merasa cukup relate.

Apalagi suasana kota Jakarta dengan KRL-nya itu berasa banget kayak lagi di sana lagi, mengobati rindu setelah 5 tahun aku meninggalkan kota super sibuk itu dan memutuskan untuk hidup di desa.

Erika sudah tak memiliki keluarga dekat, orangtuanya sudah tiada dan keluarga lainnya berada di luar Jakarta. Jadi dia di Ibu Kota hanya sendiri dan cuma memiliki teman-temannya.

Motivasi utamanya bekerja di JajanYuk, perusahaan startup belanja online ini hingga rela lembur sampai malam pun hanya agar bisa puas liburan keliling Pulau Sumatera. Erika juga sudah kapok memikirkan cinta, apalagi sebelumnya dia memiliki pengalaman percintaan yang kurang menyenangkan di kantor sebelumnya.

Untungnya Erika memiliki teman-teman yang asyik seperti Izza, Gray, Tessa, Yongki, dan masih banyak lagi. Atasannya Pak Purba pun juga termasuk orang yang menyenangkan. Kehidupannya di JajanYuk sangat ia nikmati, apalagi diusianya yang masih cukup muda sudah dipercaya sebagai ketua tim.

Aku bisa ngebayangin sih, ketika tempat kerja kita dipenuhi orang-orang yang menyenangkan, pekerjaan seberat apa pun akan dilakukan dengan bahagia. Dan pastinya akan sangat berat ketika memutuskan untuk resign, maaf curcol dulu dikit, haha

Tapi kehidupan kantor yang menyenangkan itu berakhir ketika Lando dan Dirga, mantan kolega Erika di kantor sebelumnya Easy Pay, masuk ke JajanYuk. Kedua orang tersebut adalah penyebab Erika resign dari kantor Easy Pay.


Sejak masuknya mereka berdua ada beberapa insiden yang menimpa JajanYuk dan karyawannya. Erika pun memiliki pengalaman tak menyenangkan berupa penguntitan. Suasana semakin mencekam ketika penguntit tersebut ternyata bisa masuk ke apartemen Erika.

"Tak peduli betapa brengseknya bos, betapa culasnya teman kerja, seberapa banyaknya pekerjaan walau gajinya sama saja. Di akhir bulan, gajian tetap menjadi dewa penyelamat." - Panca
Kehidupan super sibuk Erika dipertemukan Panca yang juga super sibuk dan tukang lembur. Erika dan Panca sama-sama nggak memikirkan cinta hingga mereka dipertemukan melalui Ibu Sarmina, Ibu Panca yang mengidap alzheimer dan tersesat di Pasar kemudian ditolong oleh Erika.

Panca yang melihat masih ada seorang gadis mungil, cantik, dan berlesung pipi mau menolong orangtua dan menunggunya hingga keluarganya datang, tentu langsung tertarik padanya. Erika pun juga takjub, di zaman yang hampir gila ini masih ada seorang laki-laki yang begitu peduli, dan begitu sayang dengan ibunya.

Kisan Erika-Panca sangat manis dan sopan, nggak ada adegan dewasa atau terlalu vulgar. Panca yang sopan dan sangat menghormati wanita ini memang sangat mudah dicintai.

Baca novel ini buatku sangat menyenangkan, ceritanya ringan, ada lucunya, ada tegangnya juga. Apalagi buat aku yang sangat kangen Jakarta, juga jadi sedikit terobati.


Cuma ada beberapa hal yang belum terpecahkan dalam novel ini dan bikin bertanya-tanya, karena nggak dijelaskan dalam novel. Kayak plot yang bolong dan masalah yang nggak diselesaikan gitu.

Contohnya, ketika JajanYuk dihadapkan pada kasus iklan jual beli b*yi, hingga melibatkan BSSN dan polisi, tapi nggak pernah dijelaskan sebenarnya siapa yang mengupload ikan tersebut? Tujuannya apa? Dan kenapa kok bisa sampai lolos dari kurasi sistem? Apakah ini dilakukan orang dalam atau siapa?

Overall, aku suka novel ini dan cukup cepat membalik halamannya. Rating dari aku pribadi 3/5. Worth to read!

20 komentar untuk "Review Novel Romance is Not For Its Folks Karya Ayu Welirang"

Comment Author Avatar
Udah lama juga ga baca novel ringan begini. Boleh juga sih cuma ngeri salah pilih aja. Mungkin saya harus baca-baca review seperti tulisan Mbak begini ya
Comment Author Avatar
Penasaran sama novelnya secara keseluruhan, paling suka bacain novel-novel bergenre romantis seperti ini, apalagi dengan ending yang bahagia, pasti saya buru niy novelnya kak. Nilai 3 lumayan bagus berarti ya kak, jadi makin penasaran pengen baca novelnya
Comment Author Avatar
Iiih...ikut sebel. Sosok yang dijauhi dari kantor sebelumnya, eh...malah ikut pindah ke kantor sekarang. Huf...
Siapa nih yg menguntit. Jadi serem ya kalau sampai bisa masuk apartemen.
Novelnya selain roman juga suspens kayaknya yah...
Comment Author Avatar
Sebagai seorang pembaca yang lebih sering membanca tulisan nonfiksi beberapa tahun terakhir, membuat saya rindu membaca novel seperti ini, Mba. Alhamdulillah kini ada Gramedia Digital yang bikin kita bisa baca buku dengan lebih mudah, ya.
Comment Author Avatar
Mengamati kehidupan pekerja kantoran di perkotaan segitunya ya...
Jenuh dan bosan pasti ada
Saya aja di kampung, ibu rumah tangga aja, merasa tertekan. Hiburannya ya baca novel online yang gratisan aja. Hehehe
Comment Author Avatar
Menarik kak novelnya, ringan tapi mengena, sepertinya banyak kisah inspiratif ya selain cerita Erika dan Panca, akhirnya mereka jadian ga sih hehehe
Comment Author Avatar
Ya ampun, kangen juga bacain novel ringan ala-ala FTV kayak gini. Wkwk. Sekarang udah full time di rumah baca novel yang ceritanya pekerja kantoran pasti ada rasa kangen gimanaa gitu yaa. Menarik ceritanya, biarpun sayang banget konflik atau cerita yang dianggap part penting ternyata malah nggak ada penyelesaiannya. Mungkin hanya cerita selingan aja..
Comment Author Avatar
Wah, menarik ceritanya. Aku juga kadang suka baca cerita romance mbak
Buat hiburan biar g stuck
Comment Author Avatar
Menarik juga Novel Romance is Not For Its Folks ini ya mbak. udah lama aku gak baca novel. Kayaknya bagus juga kalau baca novel ringan begini.
Comment Author Avatar
Dulu suka sekali dengan novel tapi sekarang jarang banget jadi tertarik baca novel ini
Comment Author Avatar
Wiiii makin kepo dan penasaran untuk baca novel ini

bbrp kali muncul di timeline IG
mupeng buat baca ahh
Comment Author Avatar
Menarik nih ceritanya Kak. Sebagai mantan pegawai IT (juga), rasanya sedikit terkoneksi dengan cerita Erika. Jadi penasaran, seperti apa endingnya Erika dan Panca, juga Lando yang posisinya bos itu hehehe.
Comment Author Avatar
Novel yang ringan gini sedang aku cari, apalagi konfliknya yang related dengan kehidupan sehari-hari, jadi seperti mengaca saja baca ni novel
Fix, harus baca novel Romance is not for ITS folks
Comment Author Avatar
Novel berlatar kantoran ini seru yaa..
Berasa menjawab kerinduan ketika ada di POV yang sama dengan karakternya. Kantor zaman sekarang yang modern, pasti yang dihadapi juga kasus-kasus ajaib jual beli apa? Bayi?
Sereem yaah.. Berasa kerjanya cepet-cepetan ama tim IT.
Comment Author Avatar
Ini kayak kejadian nyata. Ada temen saya kerja di perusahaan A. Ia resign pindah ke perusahaan B. Gak taunya orang yang bikin dia resign malah pindah ke perusahaannya. Beneran dong suasana kerja di perushaan B langsung gak enak dengan masuknya orang yang toxic itu.
Comment Author Avatar
Ceritanya cenderung ringan ya novelnya memang cocok dibaca untuk mengisi waktu luang atau santai di weekend
Comment Author Avatar
Pentingnya baca review ya, jadi bisa mendapatkan gambaran tentang buku yang akan dibaca, kira-kira rekomended ngak untuk dibeli dan dijadikan koleksi, terkadang ada buku yang temanya bagus banget setelah dibaca alurnya zonk apalagi endingnya.
Comment Author Avatar
Wah tinggi juga ya.. rate 3 /5 apik berarti ya mbak. Aku juga salut jika ada novel bisa mendetilkan deskripsi tata letak . Serasa bisa berimajinasi ttg settingnya
Comment Author Avatar
Wah kangen baca novel ringan, akhir -akhir ini berasa makin butuh waktu banyak buat menyelesaikan satu buku saja..
Comment Author Avatar
aku udah lama ga baca novel, pengen coba lagi untuk tenangin diri :D